5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Liburan ke Chinatown Jakarta

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Liburan ke Chinatown Jakarta

Sat, 20 Jul 2019 - 08:27 AM

Chinatown (Glodok) terletak di Jl. Pancoran, Desa Glodok, Kecamatan Tamansari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia. Wisata Chinatown sendiri banyak ditinggali oleh etnis Tionghoa. Chinatown selalu ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Saat kamu mengunjungi tempat ini, kamu akan merasakan keindahan yang memberikan sensasi berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Maka dari itu, sangat di sayangkan jika kamu berada di kota Jakarta Barat tapi tidak mengunjungi wisata Chinatown ini. Kawasan Glodok ini sebenarnya sudah ada sejak lama, sebelum pemerintahan Hindia Belanda. Kawasan Glodok ini berdiri di sepanjang aliran Sungai Ciliwung. Tidak sendiri melainkan bersama kota tua yang lain. Dulu di tahun 1740 pernah terjadi pemberontakan kaum Tionghoa yang disebut dengan Geger Pacinan. Ada sekitar 20.000 warga Tionghoa yang menjadi korban, bahkan sampai aliran sungai Kali Angke (sungai yang berdekatan dengan Glodok) berubah warna menjadi merah karena darah. Karena hal tersebut, akhirnya pemerintah Hindia-Belanda mengeluarkan peraturan yang bernama Wijkenstelsel. Peraturan ini melarang etnis Tionghoa untuk tinggal di dalam tembok kota dan hanya boleh tinggal di kawasan Glodok saja. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan mereka dalam mengawasi pergerakan etnis Tionghoa. Dan semenjak itulah Glodok berubah menjadi Pecinan dan pusat perdagangan. Kawasan Glodok ini akhirnya terkenal menjadi pusat kegiatan ekonomi yang ramai dengan transaksi bisnis. Di kawasan Glodok ini kamu juga bisa menemukan jejak sejarah etnis Tinghoa di Jakarta. Sejarah tersebut bisa dilihat dari sejumlah bangunan dari masa lampau yang menunjukkan kejayaan masa itu. Selain itu, ternyata Kawasan Glodok juga terkenal dengan kehidupan malamnya, dari yang legal sampai yang ilegal. Nama Glodok sendiri diberikan tidak asal memberi. Dalam sejarahnya, asal muasal pemberian nama Glodok ternyata memiliki banyak versi. Dari yang pertama, kata Glodok berasal dari Bahasa Sunda “Golodok” yang artinya pintu masuk rumah. Hal tersebut dikaitkan dengan fungsi Sunda Kelapa yang menjadi pintu masuk ke Kerajaan Sunda sebelum dikuasai Belanda. Kemudian yang kedua, dalam buku “Betawi: Queen from The East”, nama Glodok berasal dari bunyi air “grojok-grojok” di daerah tersebut yang digunakan untuk tempat berhenti dan memberi air minum pada kuda penarik beban. Air tersebut terletak di dalam bangunan persegi delapan di tengah-tengah halaman gedung Balai Kota. Dan kemudian, pancuran air tersebut dijadikan sebagai nama daerah di Jakarta “Pancoran” atau orang Jakarta biasa menyebutnya dengan Glodok Pancoran. Wisata Chinatown Jakarta ini sangat cocok kamu kunjungi untuk mengisi kegiatan liburan. Karena selain keindahannya, banyak juga hal yang bisa dilakukan di sana. Wisata Chinatown sendiri selalu ramai dengan wisatawan setiap hari, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Chinatown Jakarta sendiri akan sangat ramai pada saat liburan sekolah maupun libur akhir pekan.

                                                                                                                baca juga : Wisata Chinatown Jakarta yang Harus Dikunjungi
Untuk kamu yang ingin mengunjungi Chinatown Jakarta, jangan lupa untuk melakukan 5 hal di bawah ini :


1. Mencicipi Kuliner Khas China

Selain terkenal menjadi pusat perdagangan, Chinatown Jakarta juga terkenal dengan kulinernya yang lezat. Di sana banyak para pedagang yang menjual makanan dengan berbagai jenis. Makanan di sana lengkap, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Kamu tinggal memilihnya saja. Tapi yang sudah pasti, jajanan yang dijual di sana adalah jajanan khas China. Jadi kamu bisa mencicipi makanan khas China tanpa harus pergi jauh-jauh ke China langsung. Untuk harganya sendiri beragam, kamu memilih sendiri sesuai dengan budget yang sudah kamu persiapkan. Saat perayaan imlek tiba, jajanan yang ada di Chinatown akan lebih lengkap dibanding dengan hari hari biasa. Jadi momeb perayaan imlek bisa kamu manfaatkan untum mengunjungi Chinatown Jakarta.

2. Bertanya Sebelum Membeli Makanan

Hal ini akan sangat penting untuk kamu kaum muslim. Karena makanan yang dijual di Chinatown adalah makanan khas China, maka banyak juga makanan yang menggunakan babi sebagai bahan dasarnya. Maka dari itu, kamu kaum muslim yang berkunjung ke Chinatown disarankan untuk bertanya sebelum membeli makanan agar aman saat memakannya. Kamu bisa menemukan makanan dengan bahan dasar selain babi karena di sana masih ada makanan yang dijual dengan bahan dasar lain dan halal.

3. Berbelanja Barang-Barang Unik Untuk Kenangan

Hal selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah belanja barang-barang unik untuk kenangan. Barang barang di sana unik-unik, maka dari itu kamu bisa membelinya untuk kenang-kenangan atau bisa juga sebagai oleh-oleh untuk kerabat. Di Chinatown dijual berbagai jenis barang, jadi kamu bisa memilihnya sesuai hati. Selain itu, harganya juga murah. Selain terkenal dengan kulinernya, Chinatown Jakarta juga terkenl sebagai pusat elektronik. Disana banyak pedagang yang menjual berbagai jenis barang elektronik. Selain itu, barang yang tersedia juga lengkap dan dengan harga yang murah.

4. Berkunjung dan Berfoto di Vihara Dharma Sakti

Vihara Dharma Sakti merupakan tempat ibadah. Sama seperti tempat ibadah masjid dan gereja, tempat ibadah agama Buddha ini pun biasa dijadikan sebagai tempat wisata. Tapi dengan catatan tidak boleh berisik saat ada wisatawan yang hanya sekedar berkunjung untuk berfoto-foto. Vihara Dharma Sakti ink merupakan vihara tertua yang ada di Jakarta. Selain untuk tempat sembahyang, di vihara tersrbut juga sering diadakan acara bakti sosial oleh yayasan.

5. Datang Bersama Orang Terdekat dan Belajar Budaya China Bersama

Agar kamu tidak merasa sendiri saat menyusuri kawasan Chinatown, ada baiknya untuk membawa orang terdekat untuk datang bersama. Karena dengan berkunjung ke wisata Chinatown banyak keuntungan yang di dapat, salah satunya adalah lebih mengenal budaya China. Tidak ada salahnya juga kita sebagai orang Indonesia belajar kebudayaan lain. Tanpa perlu ke China, kamu sudah bisa belajar budaya China di Chinatown Jakarta. Mempelajari budaya lain memang perlu dilakukan agar kita lebih bisa membuka pikiran dan menambah wawasan.  Selain itu, bawalah orang terdekat, baik itu orang tua, adik, saudara, maupun sahabat ke sana. Kamu bisa berfoto ria di depan bangunan khas China, berkuliner bersama, dan membeli barang barang unik untuk kenangan. Namun jika tidak ada yang bisa kamu ajak, kamu bisa mengikuti program Walking Tour yang biasanya diadakan oleh biro perjalanan. Kamu bisa mengikutinya dengan membayar biaya khusus. Dengan mengikuti walking tour, kamu akan di pandu oleh Guide handal dan tidak akan merasa sendiri.

Jadi itulah kelima hal yang harus kamu lakukan saat berkunjung ke Chinatown Jakarta. Ternyata banyak juga ya hal yang bisa dilakukan saat berada di Chinatown Jakarta. Kamu mau berkunjung ke Chinatown Jakarta kapan? Atau sudah berapa kali kamu berkunjung ke Chinatown Jakarta?



by Abu Tholib

Share :