Apa Sih Kesiapan Palembang Sebagai Lokasi Asian Games 2018 Nanti?

Apa Sih Kesiapan Palembang Sebagai Lokasi Asian Games 2018 Nanti?

Thu, 30 Aug 2018 - 03:57 AM

Salah satu kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 adalah Palembang. Menurut Gubernur ibu kota Provinsi Sumatera Selatan sendiri, Alex Noerdin, Palembang tidak perlu diragukan lagi untuk urusan menggelar ajang olahraga. Sebab, Palembang sudah memiliki lumayan banyak pengalaman menjadi tuan rumah olahraga bertaraf Internasional.

 

Lalu, apa saja sih persiapan Palembang sebagai lokasi Asian Games 2018?

1 . Venue Infrastruktur

Di Palembang sendiri terdapat 14 venue yang berada di Komplek Jakabaring Sport City (JSC). Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, infrastruktur untuk mendukung jalannya Asian Games 2018 sudah pasti akan selesai sebelum tanggal 18 Agustus 2018 dan tentunya sudah memenuhi standar Internasional.

Ke-14 infrastruktur yang dikerjakan di Palembang adalah Triathlon, Tenis, Soft Tenis, Kano, Arena Skateboard, Shooting Range (Arena Tembak), Dayung, Sepak Takraw, Panjat Tebing, Sepak Bola, Voly, Basket, dan Bowling.

Selain itu, Basuki juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan pembangunan tribun VIP Venue Voli Pantai. Bangunan tribun VIP ini terdiri dari tiga lantai yang luas bangunannya mencapai 3.000 meter2 dan cukup untuk 478 orang.

Penataan komplek Jakabaring Sport City yang dikerjakan Menteri PUPR berupa :

  1. Pembuatan plaza yang ada air mancurnya dan akan diletakkan di depan Stadion Gelora Sriwijaya
  2. Drainase
  3. Pelataran parkir
  4. Pos jaga
  5. Pagar keliling kawasan
  6. Pekerjaan lansekap

Untuk venue Arena Skateboard sendiri memiliki luas 2.460 meter2 yang sudah selesai dikerjakan selama 120 hari. Proses pengerjaannya sudah dimulai sejak 6 Maret 2018 lalu, dan sudah selesai pada 3 Juli 2018.

Untuk renovasi dan pembangunan Shooting Range tahap I juga sudah selesai akhir tahun 2017 lalu. Renovasi dan pembangunan itu berupa renovasi bangunan induk, pembangunan baru untuk line skeet and trap, serta renovasi dan perluasan Shooting Range (25, 10, 50 meter).

Sedangkan untuk Venue Dayung sendiri juga sudah selesai sejak akhir tahun 2017. Venue Dayung sudah digunakan untuk test event Asian Games 2018 (Kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden Tahun 2018) yang diselenggarakan Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) pada 12-15 Juli 2018 lalu. Kejuaraan Perahu Naga tersebut diikuti kurang lebih 500 peserta yang berasal dari 17 provinsi dan 4 tim TNI/Polri.

Selain itu, menurut Basuki, Venue Dayung di Palembang juga merupakan salah satu venue terbaik di Asia. Venue Dayung ini memiliki luas 200 meter dan panjang 2.200 meter yang memiliki kedalaman 5 meter.

Venue lain, seperti Bowling Center dan Lapangan Voly sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 14 Juli 2018 lalu. Sehingga venue tersebut juga sudah siap untuk ajang olahraga se-Asia nanti.

 

2 . Wisma Atlet

Selain venue yang sudah disebutkan di atas, ada juga persiapan wisma untuk atlet yang sudah diberi keamanan dengan penjagaan yang ketat. Salah satu penjagaan tersebut yaitu adanya alat pemindai di pintu utama. Dengan adanya penjagaan seperti itu, maka sembarang orang tidak bisa keluar masuk wisma atlet, dan atlet yang masuk wisma sudah dipastikan clear.

Panitia juga akan menutup akses jalan yang berada di kawasan wisma atlet (meliputi Wisma Atlet yang lama, Rusunawa, dan Dinning Hall), sehingga tidak akan ada pintu lain selain pintu utama.

Atlet dan official yang akan masuk ke wisma atlet juga harus mempunyai kartu identitas yang teregistrasi dan terverifikasi. Sehingga, aksi teror bisa di antisipasi.

 

3 . Transportasi Ligh Rail Transit (LRT)

Untuk menunjang transportasi Asian Games 2018, pemerintah mengadakan proyek pembangunan Light Rail Transit di Palembang. Pembangunan proyek ini sebenarnya sudah dikerjakan sejak Desember 2016 lalu. Panjang jalur LRT itu sendiri mencapai 24 kilometer.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Daerah Asian Games 2018 Palembang, Muddai Madang, pembangunan LRT memang sedikit sulit. Light Rail Transit itu sendiri merupakan kereta ringan yang berguna untuk menghubungkan satu venue ke venue lain. Meskipun sedikit mendapat kendala, LRT di Palembang sudah selesai dan resmi diuji coba pada 23 Juli 2018 lalu.

LRT juga akan digunakan para atlet dan official nantinya saat mereka tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, sehingga mereka bisa menuju JSC hanya dengan waktu tempuh 45 menit.

 

4 . Mempercantik Jakabaring Sport City (JSC)

Selain memperhatikan infrastruktur JSC, Gubernur Alex Noerdin juga memperhatikan tampilan dari JSC. Sebab menurut Alex, memperindah tampilan JSC memang penting. Cara mempercantik tampilannya yaitu dengan penanaman rumput, pohon, dan taman.

 

 

Dengan banyaknya persiapan di atas, bisa dipastikan bahwa Palembang yang menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018 tidak akan memalukan nama Indonesia karena sudah melakukan persiapan yang sangat matang.


Tag Terkait :

Tips


by Abu

Share :