Merayakan Idul Adha 1442 H Dengan Virtual Tour Madina & Mekkah

Merayakan Idul Adha 1442 H Dengan Virtual Tour Madina & Mekkah

Mon, 19 Jul 2021 - 11:48 PM

Merayakan Idul Adha 1442 H Dengan Virtual Tour Madina & Mekkah 

Menjaga protokol kesehatan dan memastikan keamanan orang terkasih sangatlah penting. Berusaha dirumah saja dan keluar seperlunya juga harus diupayakan, demi kebaikan bersama. Akan tetapi, bukan berarti Idul Adha 1442 H kali ini dilewatkan begitu saja, tentunya. Bagi Anda yang merayakan Idul Adha, ada cara menarik nih, untuk membuat perayaan yang aman, peduli protokol, namun tak kalah seru dan berkesan. Bagaimana caranya, yah ? Anda bisa merayakan Idul Adha 1442 H dengan Virtual Tour Madina & Mekkah bersama PanduAsia, lho. 

Rute Virtual Tour Madina & Mekkah Bersama Panduasia

Menarik sekali bukan, berkeliling Madina dan Mekkah di momen Idul Adha 1442 H. Anda bisa mengajak orang terkasih, keluarga, maupun rekan untuk bersama merayakan momen ini di rumah saja. Aman, sehat, tapi juga berkesan dan bisa jadi sarana pembelajaran bagi anak-anak. Selagi ada kesempatan, cobain yuk, virtual tour Madina & Mekkah ini. Anda akan diajak berkeliling ke tempat-tempat terpenting yang punya banyak kisah, sejarah, maupun nilai keindahan yang sayang dilewatkan. Jadikan momen ini untuk semakin dekat dengan keluarga dan mengajarkan nilai agama pada anak-anak, Sobat. Berikut, rute virtual tour Madina & Mekkah. 

1.  Masjid Nabawi

Masjid Nabawi merupakan masjid kedua yang dibangun oleh Nabi Muhammad di Medina, Arab Saudi. Tak heran, tempat ini juga dikenal sebagai tempat ibadah paling suci kedua dalam agama Islam setelah Masjid al-Haram. Masjid ini bukan hanya megah dan diakui sebagai masjid terbesar di dunia, melainkan juga dipenuhi dengan sejarah menarik. Dulunya, tanah yang digunakan untuk membangun masjid ini adalah milik dua yatim piatu bersaudara, Sahl dan Suhayl. 

Salah satu bagian yang menonjol dari arsitektur Masjid ini adalah Kubah Hijau yang terletak di bagian tenggara dari masjid ini. Tempat tersebut dulunya merupakan tempat tinggal Aisha, yang kini menjadi lokasi persemayaman Nabi Muhammad. Sebagian besar peziarah bertujuan untuk melihat Kubah Hijau tersebut. Luar biasanya lagi, pada tahun 1909, dibawah pimpinan Ottoman Sultan Abdul Hamid II, Kubah ini menjadi tempat pertama di Arab yang dilengkapi dengan penerangan listrik. Wah, tak heran, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh orang yang sedang melaksanakan ibadah haji. Selain sejarahnya yang kaya, arsitektur di Masjid tersebut juga tak kalah memanjakan mata nih, Sobat wisata. Kalau Masjid sepenting ini menjadi salah satu destinasi virtual tour Madina & Mekkah, tak perlu lagi bertanya-tanya bisakah menjadikan virtual tour untuk edukasi sekolah nih, ya. Virtual tour ini ideal sekali untuk mengajarkan agama, sejarah dan tentunya merayakan Idul Adha 1442 H bersama para siswa sekolah dengan aman. 

2. Masjid Quba

Kalau tadi Masjid kedua yang dibangun Nabi Muhammad, kali ini Sobat juga diajak mengunjungi Masjid yang pertama dibangun Nabi Muhammad, lho. Batu landasan pertama Masjid Quba diletakkan oleh Nabi Muhammad dan diselesaikan oleh rekannya. Tak hanya membangun, Nabi Muhammad juga sempat berdoa 14 hari lamanya di Masjid tersebut. Masjid Quba ini juga dikatakan sebagai tempat pertama dilakukannya Shalat Jumat yang tentunya saat itu dipimpin oleh Nabi Muhammad sendiri. 

Masjid Quba ini sempat direnovasi pada tahun 1984 dan mengalami perubahan yang cukup terlihat. Konstruksi masjid yang baru memiliki tambahan 7 pintu masuk utama, 4 menara, dan 56 kubah kecil. Mayoritas dari area masjid ini dibangun dengan material marmer putih. Sebagai masjid pertama yang dibangun Nabi Muhammad, masjid ini  juga sangat cocok dikunjungi walaupun di masa pandemi ini harus secara virtual saja. Bayangkan saja deh, bagaimana tuh serunya virtual tour bareng teman sekolah di Masjid Quba, masjid yang penuh sejarah dan nilai seni arsitektur ini. Psst, serunya tak kalah dari mengikuti virtual trip ke Paris, lho.  

3.  Jabal Uhud

Virtual tour Madina & Mekkah merupakan salah satu virtual tour luar negeri yang menarik dikunjungi. Bagaimana tidak, Sobat akan diajak mengelilingi gunung yang terletak di selatan Medina, Arab Saudi, yaitu Jabal Uhud. Jabal Uhud, gunung terbesar dan tertinggi di Madina ini terbentuk dari batu granit merah. Tak hanya punya fitur geografi yang menarik ditelusuri, di kaki gunung Uhud ini terdapat pemakaman para syuhada. 

Siapa bilang menikmati virtual tour budaya luar negeri tidak bisa sambil belajar atau family time? Ini saat yang tepat lho, untuk mengenalkan Jabal Uhud pada anak didik atau anak dirumah. Sambil belajar geografi, mengenal sejarah, sekaligus mendalami pelajaran agama, lengkap, bukan? 

4. Masjid Bir Ali

Masjid Bir Ali seringkali dikenal juga dengan Masjid Dzulhulaifah. Tempat ini dipercaya sebagai tempat dimana Nabi Muhammad memasuki kondisi ihram sebelum melakukan Umrah. Terletak sekitar 7 km dari Masjid an-Nabawi, Masjid ini juga disebut sebagai masjid miqat terbesar kedua setelah Miqat Qarn al-Manazil di Al-Sayl al-Kabir. Masjid ini pertama kali dibangun oleh Umar Il Ibn Abdulaziz dan sempat direnovasi beberapa kali kemudian. Hal ini membuat area masjid semakin besar dan fasilitas yang tersedia pun makin lengkap. Selain cocok untuk study tour online Indonesia dan mancanegara, virtual tour Madina & Mekkah ini bisa jadi alternatif merayakan Idul Adha selagi pandemi Covid-19 melanda nih, Sobat.  

5. Jabal Nur

Jabal Nur merupakan gunung di daerah Mekkah, Arab Saudi. Di Jabal Nur terdapat gua Hira yang merupakan salah satu tempat penting dalam agama islam. Gua ini dikatakan sebagai tempat Nabi Muhammad bermeditasi dan menemukan wahyu untuk pertama kalinya. Jabal Nur menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Mekkah. Selain nilai religius yang kuat, gunung tersebut juga memiliki penampilan yang menarik. Berbeda dengan gunung pada umumnya, Jabal Nur memiliki puncak yang unik. Unik, karena puncaknya terlihat seperti dua gunung yang bertumpuk di atas satu sama lain. Selain itu, puncak gunung ini merupakan gurun, yang juga dikatakan sebagai tempat tersunyi dan sendiri. Gua Hira yang menghadap Ka'bah justru lebih tampak terisolasi lagi. Ketika berdiri di dekat gua tersebut, yang terlihat hanyalah bebatuan yang menutupi sekeliling.  

6. Padang Arafah

Padang Arafah terletak di bagian tenggara dari Mekkah. Tak kalah penting dari Jabal Nur, Padang Arafah merupakan tempat dimana Nabi Muhammad berdiri menyampaikan kotbahnya. Untuk mengenang hal tersebut, juga dibangun pilar di bagian puncak gunung. 

7. Masjidil Haram

Masjidil Haram merupakan masjid yang mengeliling Ka’bah di Mekkah, Arab Saudi. Tempat ini merupakan bagian terpenting dari perjalanan haji yang dilakukan kaum Muslim, yang juga disebut dengan Umrah. Bukan hanya penting karena adanya Ka’Bah saja, di tempat ini juga terdapat Maqam Ibrahim, Sumur Zamzam, Hajar Aswad, serta Shofa dan Marwah. 





Tag Terkait :

Rekreasi


by Abu

Share :


Artikel Terbaru