Jenis-jenis Makanan yang Cocok untuk Dibawa ke Pantai

Jenis-jenis Makanan yang Cocok untuk Dibawa ke Pantai

Sat, 24 Aug 2019 - 03:47 AM
Berlibur ke pantai sebenarnya tidak ribet dan tidak harus membawa bekal makanan dari rumah, karena di kawasan pantai banyak ditemui pedagang-pedagang makanan dan minuman. Namun terkadang kita juga harus memikirkan makanan yang cocok untuk dibawa ke pantai manakala pantai yang akan dikunjungi lokasinya terpencil, jauh dari perkampungan dan tidak ada pedagang makanan sama sekali.

Selain itu, ada sebagian orang yang merasa perlu membawa makanan yang cocok untuk dibawa ke pantai meskipun pantai yang akan dikunjungi ramai oleh pengunjung serta pedagang makanan. Alasannya, karena merasa ragu apakah makanan yang dijual di pinggir pantai tersebut higienis atau tidak.

Pertimbangan kedua, karena selera, sebab belum tentu makanan yang sesuai dengan selera dijual oleh para pedagang di pantai. Alasan lainnya adalah untuk berhemat, karena hampir dipastikan harga makanan yang dijual di tempat-tempat wisata harganya dua hingga tiga kali lipat dari harga semestinya. 

Menyiapkan bekal makanan yang cocok dibawa ke pantai tidak serepot menyiapkan bekal untuk mendaki gunung, karena berlibur ke pantai pada umumnya hanya dilakukan selama seharian. Sehingga cukup dengan membawa bekal untuk 1 – 2  kali makan dengan porsi yang disesuaikan dengan jumlah rombongan pada saat berlibur.

Berikut beberapa jenis makanan yang cocok dibawa ke pantai dan disantap bersama keluarga dan rombongan sambil menikmati indahnya pemandangan.

Onigiri



Bagi penggemar film animasi buatan Jepang seperti Doraemon tentu pernah melihat makanan ini, karena Onigiri atau nasi kepal ala Jepang ini memang seringkali dijadikan bekal, baik pada saat bekerja, belajar atau rekreasi. Alasannya selain karena rasanya enak, mudah cara membuatnya, praktis saat dibawa dan tahan lama.

Cara membuat Onigiri sangat mudah dan dapat dikreasikan dengan bahan-bahan lokal. Langkah-langkahnya: tanak nasi sesuai dengan porsi yang akan  dibawa, setelah masak biarkan hingga suhunya hangat.

Untuk bahan campurannya: goreng telur orak-arik, sisir jagung rebus, suwir kasar nori atau rumput laut (jika sulit didapat bisa diabaikan), ditambah garam dan merica. Jika ingin berkreasi, bisa ditambahkan abon, suiran daging ayam atau bahan-bahan lokal lainnya.

Selanjutnya campur nasi hangat dengan berbagai bahan campuran tadi, ambil 2 sendok nasi yang sudah bercampur dengan bahan campuran lalu kepal-kepal hingga membentuk bulatan atau dibuat dalam bentuk segitiga. Selanjutnya bungkus dengan aluminium foil agar higienis dan tahan lama.

Sandwich



Makanan yang cocok dibawa ke pantai dan terbilang klasik karena sudah sejak lama banyak dijadikan bekal oleh mereka yang rekreasi adalah sandwich. Penyebabnya karena rasanya yang memang banyak disukai, mudah pembuatannya, dan praktis saat dibawa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sandwich diantaranya, lembaran roti tawar tanpa pinggiran, daging burger yang terlah digoreng, daun selada, mentimun serta keju (optional).

Untuk membuatnya tinggal menumpuk seluruh bahan yang ada dengan urut-urutan sebagai berikut: selembar roti tawar diatasnya diletakkan 1 lembar selada lalu 1 lembar daging burger, 1 lembar keju dan 2 iris mentimun kemudian ditutup lagi dengan selembar roti tawar.

Setelah seluruh bahan tertumpuk menjadi satu bungkus dengan menggunakan aluminium foil. Bagi yang suka pedas, sandwich dapat dinikmati dengan saos sambal yang bisa dibawa dalam bentuk sachet agar mudah saat dibawa ke pantai.

Martabak Telur Mini



Martabak menjadi makanan yang cocok dibawa ke pantai karena bisa dipastikan seluruh rombongan akan menyukainya karena rasanya yang sudah tidak asing lagi di lidah. Selain itu sangat praktis saat dibawa, tahan lama sekaligus mengenyangkan perut dan menyehatkan.

Untuk membuat martabak telur mini bahan-bahan yang dibutuhkan: 2 lembar kulit lumpia, kornet, daun bawang diiris bulat tipis, 3 butir telur ayam, 1 butir putih telur sebagai perekat, ½ siung bawang bombai dicincang kasar, merica, kaldu sapi dan garam.

Cara membuatnya: Tumis bawang bombai hingga layu dan harum. Masukkan kocokan telur yang sudah dicampur kornet, daun bawang, merica, kaldu dan garam ke dalam tumisan dan masak hingga setengah matang. Tuangkan tumisan di atas selembar kulit lumpia dan tutup dengan selembar kulit lumpia lainnya lalu rekatkan dengan putih telur. Selanjutnya tinggal menggoreng pada minyak yang panas sampai warnanya berubah kecoklat-coklatan.

Hashbrown



Karena praktis dan tahan lama, Hashbrown juga menjadi makanan yang cocok dibawa ke pantai. Terlebih cara membuatnya relatif mudah, yaitu dengan menyiapkan bahan-bahannya yang terdiri atas:  3 butir kentang yang diparut kasar dan direndam ke dalam air, 1 butir telur kocok lepas, merica bubuk, garam, dan minyak untuk mengoreng.

Cara membuatnya dengan meniriskan kentang parut yang telah direndam sampai kering lalu dicampur dalam sebuah mangkok bersama dengan telur kocok, merica dan garam, selanjutnya buat adonan dalam bentuk kotak atau segitiga dan goreng hingga warnanya berubah kecoklat-coklatan.

Agar higienis dan tahan lama saat dibawa sebagai bekal liburan, bungkus hashbrown dengan menggunakan aluminium foil dan simpan ke dalam kotak makanan.

Itulah beberapa jenis makanan yang cocok dibawa ke pantai karena rasanya yang lezat, praktis saat dibawa dan tahan lama. (*)



Tag Terkait :

Pantai


by Darwin

Share :