Field Trip ke Destinasi Wisata Indonesia Tapi Virtual, Emang Bisa?

Field Trip ke Destinasi Wisata Indonesia Tapi Virtual, Emang Bisa?

Wed, 11 Nov 2020 - 10:39 AM

Field Trip ke Destinasi Wisata Indonesia Tapi Virtual, Emang Bisa?

Suntuk, penat dan lelah seringkali membuat Anda ingin segera berlibur saja? Anda perlu mencoba rekreasi melalui field trip virtual, nih. Field trip ke destinasi wisata Indonesia tapi virtual, emang bisa? Walau terdengar unik dan merupakan hal baru, ternyata field trip virtual Indonesia ini cukup menarik untuk dicoba, lho. Penasaran seperti apa lebih lengkapnya?

 

Field trip virtual ini dilakukan dengan cara mengakses aplikasi meeting virtual seperti Zoom. Anda bisa merasakan sensasi berkeliling dan mengeksplor suatu daerah walaupun secara online, nih. Berbagai tempat wisata di Indonesia maupun luar negeri dapat dieksplor tanpa harus bepergian jauh. Apa yah, alasan dari kemenarikan field trip virtual ini? Destinasi wisata Indonesia mana saja yang patut dikunjungi?  

Alasan Field Trip Virtual Menarik untuk Dicoba

Rekreasi memang selalu menjadi hal yang menarik bagi orang dari berbagai lapis generasi. Mulai dari anak kecil sampai orang tua dan lansia, semua tentu senang bila bisa berlibur dan mengeksplor suatu daerah. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri juga kalau liburan ini tidak selalu bisa dilakukan tiap saat. Akan tetapi, field trip virtual bisa menjadi jawaban yang tak kalah menarik. Apa saja alasan field trip virtual menarik untuk dicoba?

1. Refreshing sambil bersantai di rumah

Rekreasi merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tak bisa dilupakan begitu saja. Walau bukan kebutuhan pokok yang sepenting sandang, pangan, papan, rekreasi ini tak kalah penting. Rekreasi pun tak harus mahal, tak harus jauh, ataupun mewah, lho. Rekreasi sederhana dengan melihat destinasi wisata Indonesia sendiri sudah bisa menghilangkan penat, lho. Apalagi, ketika sedang jenuh dan kesibukan yang tak kunjung habis memperburuk keadaan. Refreshing sambil bersantai di rumah dengan field trip virtual ini bisa jadi solusi yang tak memakan banyak waktu nih, Sobat.

2. Ramah di kantong

Hanya butuh rekreasi sejenak untuk merilekskan pikiran, haruskah pergi jauh? Tentu, tidak dalam segala keadaan bisa dengan mudah bepergian jauh untuk rekreasi. Bisa saja karena hambatan waktu, juga penyisihan budget untuk liburan di high-season. Nah, field trip virtual ini bisa jadi solusi yang tepat untuk berekreasi tanpa harus menghabiskan banyak biaya. Apalagi, daerah yang bisa dieksplor cukup banyak juga.

3. Bonding jarak jauh

Baik bagi pekerja kantoran maupun siswa sekolah, sebenarnya bersosialisasi adalah hal yang tak terpisahkan dari aktivitas. Terkadang, bersosialisasi sendiri juga bisa menjadi ‘angin segar’ yang merilekskan diri sejenak. Akan tetapi, tentu saja field trip tidak bisa begitu saja diadakan mengingat ada jadwal penting dan kegiatan yang harus dilakukan. Nah, field trip virtual bisa menjadi cara yang pas untuk tetap mempererat hubungan walau jarak jauh, lho. Kerjasama pun terbangun dengan lebih baik dan lancar dengan adanya hubungan baik.

4. Bisa sambil merencanakan liburan

Field trip virtual, menarikkah? Mungkin pertanyaan tersebut seringkali muncul di benak Sobat Wisata. Ternyata, wisata virtual bisa menjadi cara yang asik juga untuk merencanakan liburan. Setelah melihat sekilas secara virtual, Anda bisa menentukan apakah tempat tersebut menarik untuk dikunjungi secara langsung atau tidak. Anda tak perlu menghabiskan waktu berkeliling di daerah yang mungkin ternyata terlalu jauh dari destinasi yang lain. Anda juga bisa mencatat rekomendasi dari tour leader yang akan membimbing dan menuntun perjalanan Anda secara online. Siapa tahu nih, catatan tersebut juga bisa membantu Anda dalam merencanakan liburan nantinya.

Destinasi Field Trip Virtual Indonesia

Bicara tentang destinasi, tentu saja sebenarnya ada sangat banyak destinasi yang menarik di Indonesia. Mulai dari wisata budaya, sejarah, kuliner, sampai alam, semuanya tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Soal mana yang paling menarik dikunjungi, sebenarnya sangat dipengaruhi oleh minat dan selera masing-masing. Namun, berikut beberapa destinasi wisata Indonesia yang bisa dinikmati secara virtual juga :

1. Goa Gajah, Bali

Tempat wisata di Bali ada apa saja, sih? Ternyata objek wisata di Bali ini tidak melulu bicara soal pantai saja, lho. Ada berbagai tempat menarik lainnya yang tak kalah patut dikunjungi.

Goa Gajah merupakan salah satu destinasi wisata virtual tour Bali Kintamani. Goa terletak di daerah Kabupaten Gianyar ini ditemukan bermula dari penemuan arca Ganesha pada tahun 1923. Akan tetapi, nama Lwa Gajah atau Sungai Gajah sudah disebut pertama kali pada 1365. Goa Gajah ini diberi nama gajah karena bentuknya yang memang cukup menyerupai gajah. Selain itu, di dalamnya juga terdapat arca Ganesha.

2. Tangkuban Perahu, Bandung

Kali ini, destinasi alam menjadi pilihan yang menarik untuk dinikmati saat mengikuti virtual tour kota Bandung. Tangkuban Perahu merupakan gunung yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Karena merupakan dataran tinggi, suhu di sekitar daerah tersebut cukup rendah, yaitu mencapai 17oC pada siang hari dan 2 °C pada malam hari. Bukan hanya punya pemandangan yang menarik saja, gunung Tangkuban Perahu juga punya legenda yang tak kalah unik.

3. Malioboro, Yogyakarta

Jalan Malioboro merupakan salah satu jalan yang populer dan selalu dijadikan destinasi bahkan saat virtual tour kota Yogyakarta.Jalan ini juga dekat dengan beberapa objek peninggalan sejarah, seperti Tugu Yogyakarta, Benteng Vredeburg, Monumen Serangan Oemoem 1 Maret, dan masih banyak lagi. Saat ini, jalan Malioboro ini dikenal dengan para pedagang kaki lima dan warungnya. Banyak orang berkunjung ke Malioboro ini untuk melihat keramaian, kuliner, seni, juga berbelanja.

4. Kota Tua, Semarang

Kalau daerah lain banyak berlomba-lomba untuk dibuat lebih modern, daerah Kota Tua atau Kota Lama ini justru dijaga ciri khasnya. Jika dilihat, arsitektur bangunan di daerah tersebut memiliki aksen kuno yang khas. Keunikannya ini yang menjadi daya tarik Kota Tua yang wajib Anda kunjungi juga saat mengikuti virtual Tour Kota Semarang.Dari segi arsitekturnya sendiri, kemungkinan jarang Anda temui di tempat lain juga. Walau belum bisa langsung berfoto di Kota Tua, sementara melihat-lihat dahulu boleh juga, kan.

 5. Istana Maimun, Medan

Istana yang terletak di daerah Sulawesi, khususnya Medan ini memiliki arsitektur yang megah dan unik. Keunikan ini juga berasal dari ragam gaya yang digunakan. Mulai dari gaya Islam, kebudayaan Melayu, Italia, India, Spanyol, juga Belanda dalam satu bangunan. Istana yang didesain oleh tentara Kerajaan Belanda ini bisa ditemui saat Sobat mengikuti virtual tour kota Medan.Sebelum langsung berkunjung dan melihat keadaan di Istana Maimun ini, tak ada salahnya nih, melihat-lihat virtual dahulu.

 

Sobat tertarik merasakan sensasi field trip ke destinasi wisata Indonesia tapi virtual? Sobat wisata bisa langsung saja mengunjungi website PanduAsia untuk melihat jenis virtual tour yang tersedia, nih. Anda juga bisa menghubungi nomor 0819-108010-99 untuk informasi yang lebih lengkap.

 


Tag Terkait :

Rekreasi


by Abu

Share :