Kesiapan Jakarta Mempercantik Diri Dalam Menghadapi Asian Games 2018, Seperti Apa Sih?

Kesiapan Jakarta Mempercantik Diri Dalam Menghadapi Asian Games 2018, Seperti Apa Sih?

Sun, 05 Aug 2018 - 04:01 AM

Tak ingin kalah dengan Palembang, Jakarta tentunya mempersiapkan semuanya dengan matang. Asian Games yang akan diadakan 18 Agustus 2018 nanti memang sangat menyita perhatian. Jadi memang sudah seperti ‘harus’ mempersiapkan semuanya jauh-jauh hari.

            Bahkan karena untuk Asian Games 2018, Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di sekitar Bundaran Hotel Indonesia dirobohkan, dan diganti dengan Pedestrian Light Controlled Crossing (Pelican Crossing). Pelican Crossing ini hampir mirip seperti zebra cross.

            Selain adanya Pelican Crossing, jalur pejalan kaki dan sepeda pun ikut dibangun di jalan protokol, separator jalan di Jalan Raya Pasar Rebo dicat warna-warni, dan sungai ditutupi jaring.

 

Lalu, selain persiapan yang sudah disebutkan di atas, apa saja sih persiapan Jakarta lainnya dalam menghadapi Asian Games 2018?

   1.  Venue

Dari total cabang olahraga yang akan dipertandingkan, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) membagi jumlah venue manjadi empat cluster. Satu cluster terletak di Palembang. Tiga cluster yang sudah dipersiapkan di Jakarta, meliputi :

   1.1. Cluster Jakarta 1

         Jakarta Convention Center (JCC) : Anggar, judo, karate, martial art (jujitsu, kusrash, sambo), taekwondo, golf, dan gulat.

         Gelora Bung Karno (GBK) : Akuatik, panahan, atletik, bulutangkis, bisbol/softball, bola basket, hoki, squash, bola voli, rugbi sevens.

   1.2 Cluster Jakarta 2

         Kemayoran : Bola tangan, kabadi bridge, angkat besi, tenis meja, martial art (wushu), tinju, senam.

         Ancol : Bisbol/softball (Rawamangun), jetski dan layar, pencak silat (Taman Mini Indonesia Indah).

        Pulo Mas : Balap sepeda dan equestrian.

        Untuk arena berkuda equastrian, sudah selesai dan tinggal penataan lingkungannya saja. Selain itu, sertifikat bebas penyakit atau Equine Disease Free Zone (EDFZ) dari Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) harus  ada untuk menggelar perlombaan berkuda di Asian Games 2018.

        Sedangkan Stadion BMX untuk balap sepeda juga sudah selesai. Bahkan sudah ditinjau juga oleh Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK). Selain itu, wapres juga sudah mencoba venue tersebut dengan cara menaiki sepeda BMX dan mengayuhnya beberapa meter di bagian jalan lurusnya.

 

   1.3. Cluster Jakarta Suburb

         Jawa Barat : Balap sepeda (MTB, road race), paralayang, sepakbola, kano/kayak.

         Menurut Sekretaris Daerah Jabar, Iwa Karniwa, untuk olahraga sepakbola sendiri sudah disiapkan 4 stadion, yaitu Stadion Patriot di Kota Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Wibawamukti di Kabupaten Bekasi.

        Banten : Modern pentathlon.

 

Pemerintah akan terus fokus pada persiapan Asian Games 2018. Bahkan Presiden Joko Widodo juga sudah memastikan persiapan venue dengan cara meninjaunya langsung. Menurut Jokowi, setelah selesai dengan persiapan Asian Games 2018 (venue, dll), pemerintah akan langsung fokus pada atlet untuk kompetisi Asian Games 2018.

 

   2. Wisma Atlet

Wisma Atlet Kemayoran yang menjadi tempat tinggal para atlet dan official nantinya sudah dipersiapkan dengan matang dari jauh-jauh hari. Bahkan, Kali Item atau Kali Sentiong yang lokasinya tak jauh dari Wisma Atlet juga sudah ditangani.

Karena bau dari Kali Item yang tidak enak dan warnanya yang hitam, serta letaknya di area Dinning Hall, Pemprov DKI langsung menanganinya dengan cara menutup permukaan Kali Item dengan kain waring (jaring berbahan nilon) berwarna gelap.

Selain menutupnya dengan kain waring, Pemprov DKI juga memberikan zat penetral bau. Sebanyak 500 bubuk penetral bau sudah diberikan ke Kali Item, sehingga diharapkan bau busuk tidak muncul lagi.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga sudah memasang dua alat plasma nano bubble di Kali Item. Alat yang dipasang ini juga bisa menghilangkan bau busuk yang ada di Kali Item.

Pemprov DKI juga sudah melakukan fogging agar nyamuk-nyamuk tidak berkeliaran, dan juga mengecat rumah-rumah di sekitar Wisma Kemayoran.

 

   3. Transportasi Light Rail Transit (LRT)

Light Rail Transit (LRT) adalah kereta ringan yang berguna untuk menghubungkan satu venue ke venue lain. LRT ini ditargetkan akan beroperasi saat gelaran Asian Games 2018 dimulai.

LRT ini sudah dipersiapkan sejak 2016 oleh PT Jakarta Propertindo. Meski sempat ada kendala karena betonnya roboh pada 22 Januari 2018, namun masalah tersebut sudah bisa diatasi. Pembangunan LRT ini hanya 5,8 kilometer dari venue di Jakarta Timur ke Kelapa Gading di Jakarta Utara.

Pembangunan LRT Jakarta koridor I fase I (Kelapa Gading-venue) sudah mencapai 77 persen pertengahan Juli 2018 lalu. Meski sedikit tertinggal dengan LRT di Palembang, LRT di Jakarta ini sudah dipastikan tetap bisa beroprasi sebelum Asian Games 2018.

Sebab, LRT di Palembang sudah selesai dan resmi diuji coba pada 23 Juli 2018 lalu. Sedangkan LRT di Jakarta baru bisa diuji coba seminggu sebelum Asian Games 2018 dimulai, yaitu pada 10 Agustus 2018.


Tag Terkait :

Tips


by Abu

Share :