Pesona 5 Tempat Wisata di Banten

Pesona 5 Tempat Wisata di Banten

Wed, 14 Aug 2019 - 03:57 AM

Berada di ujung Barat Pulau Jawa, Banten menyimpan potensi wisata yang cukup besar, karena masih banyak tempat wisata di Banten yang masih belum dikembangkan maupun yang saat ini sedang dalam proses pengembangan.

Selain itu objek-objek wisata yang sudah dikelola secara profesional juga tidak sedikit karena sejak lama Banten memang menjadi salah satu tujuan para wisatawan disebabkan karena lokasinya yang cukup strategis.

Diantara sekian banyak tempat wisata di Banten, inilah 5 destinasi yang menebarkan pesona dan daya tarik tersendiri.

1.    Pantai Anyer


Sebagian besar wisatawan menyebut pantai Anyer adalah pantai yang membentang di sepanjang Jalan Raya Anyer – Sirih yang ada di Desa Sindanglaya, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Pendapat tersebut tidak salah meski tidak sepenuhnya benar.

Karena kawasan yang menjadi bagian dari Pantai Anyer sebenarnya adalah kawasan di sepanjang garis pantai yang ada di kecamatan Anyer. Sehingga tempat wisata di Banten yang paling populer ini sebenarnya terdiri dari beberapa objek wisata.

Jika merujuk pada pendapat pertama, maka yang dijumpai wisatawan adalah sebuah kawasan pantai dengan pasirnya yang putih dan lautnya yang biru. Keindahan pantai ini banyak disandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Bali, Sulawesi dan Papua karena memiliki pasir putih dengan tekstur yang lembut.

Wisatawan yang berkunjung ke sini biasanya akan menghabiskan waktu dengan bermain di atas pasir, mandi dan berenang di laut, menyelam, berselancar atau menikmati pemandangan pantai sambil menyantap berbagai macam menu seafood.

Sedang jika merujuk pada pendapat kedua yaitu kawasan yang ada disepanjang garis pantai yang ada di Kecamatan Anyer, maka wisatawan akan menjumpai berbagai tempat wisata di Banten dalam bentuk wisata bahari yang terdiri atas beberapa objek pariwisata.

Beberapa tempat wisata tersebut diantaranya adalah: Pantai Jambu Anyer, Pantai Karang Bolong, Pantai Florida, Pantai Marina, Pantai Sambolo, Pantai Cibereum, Pantai Marbella, Pantai Pulau Merak, Pantai Pulau Sangiang dan Pantai Pulau Umang.

2.    Kampung Bekelir


Tempat wisata di Banten yang berlokasi di JL. Perintis Kemerdekaan No.16, Desa Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang ini mengingatkan kita pada objek wisata di Malang, Jawa Timur yang bernama “Kampung Jodipan”.

Karena konsep yang diusung kedua tempat wisata tersebut memang tidak jauh berbeda, yaitu menyulap sebuah perkampungan menjadi objek wisata kekinian yang dipenuhi dengan gambar-gambar mural, grafiti, lukisan, ornamen-ornamen dan berbagai spot unik dan menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Kampung ini dulu juga merupakan sebuah perkampungan kumuh dengan sampah-sampah yang berserakan, sebelum akhirnya warga bergerak untuk membersihkan dan mempercantik kampung yang terdiri atas 300 rumah tersebut dengan dibantu para seniman dan budayawan.

Tujuan merubah wajah kampung tersebut memang untuk merubah pola hidup masyarakat yang sebelumnya kurang perduli terhadap lingkungan mereka terutama dalam hal kebersihan.

Begitu kampung berubah wajah, wisatawanpun banyak yang berdatangan, utamanya kalangan anak-anak muda yang gemar berburu spot-spot foto yang instagenic untuk diunggah di media sosial.

Bersamaan dengan banyaknya wisatawan yang datang berkunjung, tingkat perekonomian masyarakat di kampung inipun ikut meningkat sehingga dengan sendirinya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan semakin bertambah.

3.    Kampung Domba


Dinamakan Kampung Domba, karena sebagian besar masyarakat yang tinggal di kampung ini adalah para peternak domba disamping adanya sebuah peternakan domba berskala besar yang didirikan di lereng Bukit Karang.

Tempat wisata di Banten yang satu ini, selain merupakan wisata edukasi juga menyuguhkan keindahan alam. Disebut wisata edukasi, karena wisatawan dapat belajar tentang tata cara beternak domba serta belajar tentang budidaya sayuran di tempat yang tinggi dengan suhu udara yang dingin.

Kampung Domba memang berada pada ketinggian 250 – 700 meter dpl karena berada di kawasan hutan lindung lereng Gunung Karang yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Desa Juhut, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang.

Karena berada di dataran tinggi, wisatawan yang berkunjung ke sini akan merasakan udara yang sejuk cenderung dingin dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata. Betapa tidak, selain kawasan perkampungan ini dipenuhi dengan pepohonan yang rindang serta perkebunan kopi dan cengkeh, dari atas ketinggian wisatawan dapat menyaksikan landscape Kota Pandeglang di kejauhan.

Meski berada di atas ketinggian, untuk menuju ke Kampung Domba bukan hal yang sulit, karena akses jalan sudah beraspal dan dapat dilewati motor maupun mobil. Hanya saja harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada trayek angkutan umum yang menuju ke kampung ini.

4.    Curug Putri Tahura