Spot Wisata Surabaya yang Murah Tapi Tidak Murahan

Spot Wisata Surabaya yang Murah Tapi Tidak Murahan

Fri, 16 Nov 2018 - 08:43 AM
Sebenarnya ada banyak sekali wisata Surabaya yang bisa Anda kunjungi. Yang pasti, saat Anda berkunjung ke Surabaya, jangan sampai Anda melewatkan 4 tempat wisata yang murah nan meriah ini :

 

1. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya berlokasikan di Jl. Setail No. 1, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Kebun binatang ini sudah mulai buka dari jam 08.00 dan akan tutup jam 17.00. di dalam Kebun Binatang Surabaya ini, Anda akan menemui lebih dari 350 spesies yang terbagi dalam unggas, reptilia, pisces, sampai mamalia.

Untuk spesies unggas, beberapa diantaranya yaitu Pelikan, Burung Jalak, Burung Merak, dan Burung Unta. Disana juga ada beberapa binatang langka yang dilindungi, seperti komodo, macan tutul, penyu, buaya, dan harimau putih.

Untuk masuk ke dalam spot wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000,- per orang, tapi belum termasuk wahana permainan seperti naik binatang Unta, Gajah, Kuda, atau Perahu. Harga naik wahana permainan bervariasi, mulai dari Rp 5.000,- sampai Rp 20.000,-

               

2. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang memiliki tinggi kurang lebih 41,15 meter yang berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen tersebut berbentuk lengkungan-lengkungan sebanyak 10 lengkungan yang terbagi menjadi 11 ruas.

Tugu Pahlawan sendiri dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah Indonesia kembali. Monumen Tugu Pahlawan sendiri selalu menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November untuk mengenang peristiwa pada tahun 1945 karena banyak pahlawan yang gugur.

Tugu Pahlawan ini berdiri di atas tanah lapang seluas 1,3 hektar. Selain itu, di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan sedalam 7 meter terdapat sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang sudah gugur demi Surabaya. Museum ini diresmikan tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden K.H. Abdurrahman Wahid. Di dalam museum juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.

Museum tersebut buka dari Selasa-Jumat setiap jam 07.00 sampai 15.00 WIB. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu, buka setiap jam 07.00 sampai 12.00 WIB. Untuk masuk museum ini, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,-

 

3. House of Sampoerna

Museum House of Sampoerna merupakan bangunan museum kretek Indonesia yang berlokasikan di Jalan Taman Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Pabean Cantian. Museum ini sudah dibangun dari tahun 1864 dan memiliki 2 buah lantai. Lantai pertama berfungsi sebagai ruang pameran segala sesuatu yang berhubungan dengan produksi rokok. Sedangkan lantai kedua berfungsi sebagai tempat penjualan souvenir. Di lantai kedua, Anda bisa membeli oleh-oleh, seperti miniatur yang terbuat dari kayu, tas, kain batik, kalung, gelang, hingga baju.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto ria di beberapa spot di Museum House of Sampoerna ini. Tempat yang sering dijadikan spot foto adalah sebuah kolam ikan yang berada di ruangan pertama saat melewati pintu masuk. Oh ya, museum ini buka setiap hari dari jam 09.00 sampai jam 22.00 WIB.

Untuk masuk ke spot wisata ini, tidak di tarik biaya apapun alias gratis. Jadi, Anda bisa dengan sesuka hati berkali-kali untuk datang ke museum House of Sampoerna ini.

 

4. Kebun Bibit Wonorejo

Wisata Kebun Bibit Wonorejo ini terletak di Jl. Raya Manyar No. 80A, Baratajaya, Gubeng. Spot wisata ini sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga. Sebab, di dalam kebun ini terdapat area bermain yang disediakan untuk anak-anak, seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan ada juga beberapa kandang hewan yang dipelihara, seperti rusa tutul dan bebek.

Selain area bermain, di sana juga terdapat tempat pemancingan di danau. Banyak pengunjung yang memancing di sana. Selain itu, tempat ini juga terkadang dijadikan sebagai tempat pre-wedding karena murah meriah, tapi hasilnya bagus.

Di Kebun Bibit Wonorejo juga tersedia sentra kuliner yang disediakan oleh pemkot untuk pengunjung yang ingin berburu kuliner. Sentra kuliner ini terletak di dalam kebun bibit. Awalnya para pedagang berjualan dipinggir jalan diluar kebun bibit, tapi dengan alasan mempersempit jalan, maka dari itu disediakanlah lahan Sentra kuliner.

Di dalam tempat wisata ini juga terdapat rumah pembibitan anggrek yang diletakkan khusus di dalam tempat yang berbentuk rumah. Ada juga fasilitas minum gratis yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung.

Untuk masuk ke dalam spot wisata Kebun Bibit Wonorejo ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- . Harga yang terbilang cukup murah untuk rekreasi keluarga dan untuk sekedar melepas penat.

Itulah ke-4 spot wisata yang murah meriah. Meskipun murah, tapi spot wisata tersebut masih sangat layak untuk dikunjungi. Surabaya memang ibu kota dari provinsi Jawa Timur, sehingga banyak sekali obyek wisata yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjun kesini.


Tag Terkait :

Religi


by Dina nissa

Share :