Tips Bermanfaat untuk Mengubah Kamar Sederhana menjadi Layak Sewa

Tips Bermanfaat untuk Mengubah Kamar Sederhana menjadi Layak Sewa

Thu, 26 Jul 2018 - 02:48 AM

Kamar sederhana menjadi layak sewa adalah salah satu peluang pendapatan tambahan saat ini. Apakah kamu memiliki kamar yang tidak digunakan di rumah? Pernahkah kamu merasa bahwa kamar tersebut sangat sayang dibiarkan kosong saja? Jika kamu pernah merasakan hal ini, maka sekarang saatnya kamu memanfaatkan kamar kosong tersebut untuk dijadikan kamar sewa.

Kamar yang kosong di rumah saat ini tidak lagi berfungsi sebagai gudang. Permintaan akan kamar kosong untuk menginap (khususnya bagi para backpacker dengan low-budget saat traveling) terus meningkat. Hal ini yang menjadi kesempatan untuk kamu dapat mengubah kamar kosong yang sederhana di rumah kamu menjadi layak untuk disewakan.

Ternyata mengubah kamar sederhana menjadi layak sewa ini tidak sulit dilakukan. Kamu hanya perlu mengetahui apa saja tips dalam mengubah kamar sederhana kamu di rumah yang sebelumnya kosong, menjadi lebih layak untuk disewakan kepada para traveler. Lalu apa saja tips bermanfaat untuk mengubah kamar sederhana menjadi kamar yang akan disewakan tersebut?

5 Tips untuk Mengubah Kamar Sederhana menjadi Layak Sewa

Saat ini ada sangat banyak peluang untuk menyewakan kamar sederhana di rumah kamu. Harga yang umumnya ditawarkan untuk satu kamar sederhana tersebut disewakan adalah berkisar antara Rp50.000,00 – Rp90.000,00 per hari. Tentunya akan sangat menguntungkan jika kamar yang kamu sewakan tersebut, terus memiliki penyewa bukan?

Jadi cobalah beberapa tips di bawah ini untuk segera mengubah kamar kamu yang sederhan menjadi layak untuk disewakan.

1. Pastikan Kamar Bersih dan Layak Ditinggali

Tentu hal yang pertama diharapkan oleh para penyewa kamar untuk menginap adalah dapat tidur di ruangan yang bersih. Jika kamar tidak bersih, maka tidak ada artinya mereka menyewa kamar khusus untuk beristirahat. Jadi pastikan kamar bersih dan layak ditinggali, walaupun harganya memang tidak mahal seperti hotel pada umumnya. Hal ini wajib kamu lakukan untuk meningkatkan jumlah peminat penyewa kamar kamu.

2. Sediakan Tempat Tidur yang Nyaman


Selanjutnya kamu juga harus memastikan ada tempat tidur yang nyaman dalam kamar yang kamu sewakan. Kamu tentu tidak dapat hanya menyewakan kamar kosong. Pastinya kamar ini harus dilengkapi dengan beberapa perabotan, yang paling penting adalah tempat tidur.

Sama seperti ruangan yang harus bersih, maka tempat tidur ini pun harus dalam keadaan bersih. Tempat tidur yang bersih yang akan membuat penyewa dapat beristirahat dengan nyaman.

3. Ada Kamar Mandi yang Bisa Digunakan

Keberadaan kamar mandi yang bisa digunakan untuk penyewa selama menyewa kamar pun penting adanya. Kamu tentu tidak bisa membiarkan penyewa hanya beristirahat di kamar tanpa kesempatan untuk mandi dan buang air. Jadi pastikan untuk memberikan informasi bahwa ada kamar mandi yang bisa digunakan oleh penyewa. Kamar mandi ini jika berada di dalam kamar tentu dapat membuat harga sewa sedikit lebih tinggi. Namun jika ada di luar kamar pun tidak menjadi masalah dan dapat kamu informasikan ke pada penyewa untuk sama-sama menjaga kebersihannya, karena digunakan bersama dengan penghuni lainnya.

4. Pastikan Fasilitas Penerangan dan Pertukaran Udara Berjalan dengan Baik

Sebuah kamar yang kamu sewakan tentu akan digunakan untuk beristirahat dengan nyaman. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk memastikan bahwa ada penerangan yang cukup dalam kamar. Hal ini untuk memastikan bahwa penyewa dapat menggunakan kamar juga untuk membaca dan berbagai pekerjaan lainnya. Kamu juga perlu memastikan ada pertukaran udara yang baik, misalnya dengan adanya jendela atau mungkin dengan menambahkan kipas angin (bisa juga AC).

5. Sediakan Beberapa Fasilitas Tambahan (Jika Ada)

Tips terakhir untuk membuat kamar sederhana menjadi layak sewa adalah dengan menyediakan berbagai fasilitas tambahan. Hal ini bersifat optional, artinya jika ada bisa kamu tambahkan. Fasilitas tambahan ini bisa berupa menyediakan lemari, televisi, dan lain sebagainya.

Jika tidak ada tentu tidak menjadi masalah, asalkan fasilitas utama yang dijelaskan sebelumnya tetap ada. Namun jika ada fasilitas tambahan, hal ini akan membuat kamar yang kamu sewakan menjadi lebih menarik dan harga sewanya pun dapat menyesuaikan.

Informasi diatas adalah beberapa tips yang harus segera kamu coba untuk mengubah kamar sederhana menjadi layak sewa. Semoga informasi ini semakin mendukung kamu untuk mengubah kamar kosong di rumah menjadi kamar yang layak disewakan.

Baca Juga Artikel Menarik ini : Tips dan Trik Menata Ruang dan Kamar Mandi 

Kamu tidak perlu mengkhawatirkan mengenai keamanan dalam menyewakan kamar ke para backpacker, karena kamu perlu memastikan ada aturan yang kamu  berlakukan kepada para penginap. Aturan tersebut dapat mencakup waktu check in dan check out agar para penyewa kamar tidak merepotkan kamu ketika ingin masuk dan keluar.

Jangan lupa juga untuk meminta penyewa kamar meninggalkan fotokopi KTP sebagai tkamu pengenal, jika sewaktu-waktu ternyata ada hal yang merepotkan dan merugikan kamu sebagai pemilik kamar dan membutuhkan informasi dari si penyewa. Sekaligus juga KTP ini dapat kamu gunakan untuk melaporkan tamu pada Ketua RT/RW di daerah kamu.

Jadi bagaimana menurut kamu? Sangat mudah bukan memiliki penghasilan tambahan dari ruang kamar yang tidak terpakai di rumah? Jadi jangan ragu lagi dan mulai siapkan kamar sederhana di rumah untuk disewakan dari sekarang.


Tag Terkait :

Tips


by Abu

Share :


Artikel Terbaru