Tips Liburan ke Palembang

Tips Liburan ke Palembang

Thu, 06 Sep 2018 - 05:50 PM

      1 . Pesan akomodasi yang terjangkau

      2 . Rencanakan perjalanan dari jauh hari

      3 . Gunakan angkutan umum untuk menjelajah kota

Palembang sendiri memiliki jaringan bus mini sebagai alat transportasi umum. Sistem Trans Musi menghubungkan fasilitas transportasi stasiun kereta api,  bandara, terminal bus dan terminal bus air.

Kamu bisa menggunakan Bus Trans Musi dengan tarif tiket Trans Musi Rp. 5.000.

Berikut pembagian pintu rute bus,

  • Koridor 1 : Bus berhenti di bawah Jembatan Ampera – Stasiun bus Alang Alang (KM 12)
  • Koridor 2 : Stasiun Bus Perumnas – PIM (Palembang Indah Mall)
  • Koridor 3 : Plaju – PS Mall (Palembang Square Mall)
  • Koridor 4 : Jakabaring – Stasiun Bus Karya Jaya (Kertapati)
  • Koridor 5 : Stasiun Bus Alang Alang Lebar (KM 12) – Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II
  • Koridor 6 : Pusri – Palembang Square (PS)
  • Koridor 7 : Kenten – Dempo
  • Koridor 8 : Stasiun Bus Alang Alang Lebar (KM 12) – Terminal Karya Jaya (Kertapati)
  • Koridor Pangkalan Balai : Stasiun Bus Alang Alang Lebar (KM 12) – Pangkalan Balai
  • Koridor Indralaya : Terminal Karya Jaya – Indralaya
  • Koridor Unsri : Unsri Bukit – Unsri Indralaya


Selain itu, kamu juga bisa naik taksi. Berikut 4 perusahaan taksi di Palembang :

  • Sriwijaya Taxi: Jl. Rustini, Palembang, tel. (0711) 815555
  • Dynasty Taxi: Jl. Aipda KS Tubun 64, Palembang, telp. (0711) 373673
  • Taxi 333: Jl. Kol. Atmo 445, Palembang, telp (0711) 356866
  • Blue Bird: Jl. Angkatan 45 No. 962, Palembang, telp (0711) 361111


Kamu juga bisa menggunakan angkot yang sering disebut oplet di Palembang. Tarif angkot mulai dari Rp. 3.000 – Rp. 5000, tergantung jarak tempuh angkot.


       4 . Pilihlah destinasi wisata yang tepat

Pilihlah destinasi wisata yang tidak mengeluarkan uang banyak jika kamu ingin liburan hemat. Palembang sendiri memiliki beragam objek wisata yang bisa dijadikan pilihan destinasi liburan. Banyak spot wisata yang biaya masuknya murah, bahkan ada juga yang gratis.

Beberapa spot wisata yang bisa kamu kunjungi secara gratis adalah Jembatan Ampera yang menjadi ikon wisata utama, Taman Rusa Pusri, Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Kambang Iwak Family Park, dan masjid-masjid bersejarah yang berlokasi di Kota Palembang. Ada juga spot wisata alam seperti Bukit Siguntang dan Air Terjun Lematang Indah yang harga tiket masuk di bawah Rp10.000.

Susunlah rencana kegiatan berlibur dengan berkunjung terlebih dahulu ke tempat-tempat wisata yang dekat dari lokasi penginapan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya transportasi selama liburan di Kota Palembang.


       5 . Nikmati wisata kuliner murah

Berwisata ke satu kota memang kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi sajian kuliner khas di kota tersebut. Pempek, tekwan, dan mie celor adalah beberapa sajian kuliner Palembang yang harus kamu coba.

Untuk menikmati kuliner khas Palembang dengan harga mura, berkunjunglah ke Pasar 26 Ilir yang terletak di daerah Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang. Di tempat ini, kamu akan dimanjakan dengan beragam suguhan kuliner dari Bumi Sriwijaya. Selain menikmatinya langsung di tempat, kamu juga bisa membeli kerupuk atau jajanan lainnya untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.


        6 . Pilih Hotel Sesuai dengan Budget


Hotel Menengah Bintang 2 Dan 3 Di Palembang

Jika kamu ingin liburan di Palembang lebih dari 1 hari, kamu bisa menginap di hotel. Untuk kenyamanan tersendri, pilihlah hotel yang berbintang 2 dan 3. Umumya hotel-hotel ini menawarkan kamar mandi dalam dan perlengkapan mandi di setiap kamarnya.

Hotel Mewah Di Palembang

Terdapat banyak pilihan hotel bintang 4 dan hotel bintang 5 di Palembang. Ranjang premium, sarapan kreasi chef serta beragam fasilitas pendukung lainnya bisa kamu temui di hotel-hotel mewah di Palembang. Hotel mewah ini sangat cocok untuk wisatawan yang menginginkan kesempurnaan dalam fasilitas dan layanan. 

       7 . Belajar Sedikit Bahasa Palembang Sebelum Keberangkatan Liburan

Bahasa Palembang mempunyai dua tingkatan, yaitu Baso Pelembang alus atau bebaso dan Baso Pelembang sari-sari. Baso Pelembang alus digunakan dalam percakapan dengan pemuka masyarakat, orang-orang tua, atau orang-orang yang dihormati, terutama dalam upacara adat.

Bahasa ini mempunyai kemiripan dengan bahasa Jawa karena adanya hubungan Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang Darussalam dengan kerajaan di pulau Jawa. Itulah sebabnya perbendaharaan kata Baso Pelembang Alus banyak memiliki persamaan dengan kata dalam bahasa Jawa. Jadi baso sehari-hari digunakan oleh orang Palembang dan merupakan salah satu dialek dalam bahasa Melayu.


Untuk mempermudah kamu dalam berwisata, ada baiknya mempelajari sedikit bahasa Palembang, agar kamu mengetahui saat ada orang Palembang yang bercakap denganmu tiba-tiba tidak memakai bahasa Indonesia. 


Tag Terkait :

Tips


by Dina nissa

Share :