10 Destinasi Liburan ke Bandung di Awal Tahun 2021

10 Destinasi Liburan ke Bandung di Awal Tahun 2021

Mon, 04 Jan 2021 - 12:04 PM

10 Destinasi Liburan ke Bandung di Awal Tahun 2021

Membayangkannya saja, sudah sangat menyenangkan, kan? Iya, membayangkan berkunjung dan berwisata di Bandung yang punya cuaca sejuk itu. Setelah lelah dan penat, menutup tahun sambil rekreasi tak ada salahnya. Tapi, akan jadi salah tuh, kalau Anda belum persiapan mau kemana saja saat liburan di Bandung.

Sah saja sih, tapi Anda bisa kehabisan waktu bila kurang persiapan. Akan sangat disayangkan, bukan? Tak perlu khawatir, PanduAsia membawakan 10 destinasi liburan ke Bandung di awal tahun 2021 yang patut dikunjungi, nih.

10 Destinasi Liburan ke Bandung di Awal Tahun 2021

Sebelum berangkat, tentu Anda butuh cari tahu dulu mau kemana saja. Coba, simak 10 destinasi liburan ke Bandung di awal tahun 2021 yang bisa jadi inspirasi liburanmu, yuk.

1. Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yang tak boleh Anda lewatkan bila berkunjung ke Bandung. Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini memiliki kisah yang legendaris sekaligus pemandangan yang menakjubkan.

Anda juga mungkin sudah pernah dengar nih, mengenai legenda Tangkuban Perahu yang konon dipercaya sebagai kisal asal usul gunung yang bentuknya mirip perahu terbalik ini. Benar sekali, kisah tentang Sangkuriang dan Dayang Sumbi yang mungkin pernah Anda dengar ketika kecil dahulu.

Walaupun merupakan gunung berapi yang masih aktif, Tangkuban Perahu ini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan. Apabila berkunjung kesana, disarankan untuk mengenakan pakaian yang hangat, yah. Mengingat, suhu udara yang cukup rendah bisa membuat Anda kedinginan bila tidak sedia pakaian hangat.

Di sekitar Gunung Tangkuban Perahu ini, juga terbentuk kawah alami yang memukau. Namun, keberadaan kawah tersebut menandakan adanya kandungan belerang, yah. Jadi, jangan lupa bawa masker bila Anda tidak kuat dengan aroma belerang yang kuat.

Sambil menikmati pemandangan dan mengagumi gunung yang megah ini, jangan lupa mengambil foto juga. Pastinya, fenomena alam Indonesia ini sebanding dengan menikmati virtual tour budaya luar negeri juga, lho. 

 

Alamat : Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

2. Jalan Braga

Hanya sebuah jalan, bukan tempat wisata buatan, juga bukan fenomena alam? Tapi, kenapa masuk ke daftar 10 destinasi liburan ke Bandung yang patut dikunjungi, yah? Eits, jangan salah. Jalan ini bukanlah jalan biasa, lho. Jalan Braga merupakan salah satu jalan utama di kota Bandung yang sudah dikenal sejak masa pemerintahan Belanda di Indonesia. Jalan Braga ini bahkan dikenal sebagai Parijs van Java.

Bila Anda lihat, di kanan kiri jalan, terdapat kompleks pertokoan dengan arsitektur yang kuno dan unik. Pertokoan tersebut bergaya Eropa dan masih dipertahankan hingga saat ini. Hal itu juga menjadi alasan mengapa jalan ini disebut-sebut seperti ‘Paris’ di Jawa.

Lalu, kalau berkunjung ke Jalan Braga, apakah hanya menikmati bangunan kuno nan artistik saja, nih? Tentu saja tidak, dong. Anda bisa menikmati wisata belanja dengan suasana yang tidak melulu seperti mall. Selain itu, Anda juga bisa mengisi perut dengan aneka kuliner yang menggugah selera. Lengkap, kan? Kalau Anda butuh gambaran sebelum berkunjung kesana, coba deh, ikuti virtual tour kota Bandung dahulu.

Suasana di Jalan Braga di waktu yang berbeda bisa menampilkan kesan yang berbeda, lho. Apabila ada banyak waktu, coba juga deh, mengunjungi Jalan Braga ini di siang hari dan malam hari. Dalam kondisi normal, semakin malam, Jalan Braga ini semakin ramai dipadati anak muda dan wisatawan.

 

Alamat : Jl. Braga, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

3. Hutan Orchid Cikole

Setelah menikmati beragam study tour online Indonesia dan mancanegara, Anda ingin berwisata secara langsung. Tentu, Anda pasti ingin menikmati suasana menyejukkan dan pemandangan indah secara langsung juga, kan? Hutan Orchid Cikole bisa jadi salah satu destinasi liburan ke Bandung yang sayang dilewatkan, nih.

Hutan Orchid Cikole ini merupakan kawasan hutan pinus dengan konsep konservasi sekaligus objek wisata. Tentu saja, disebut hutan pinus karena saking banyaknya pohon pinus yang menjulang tinggi di tempat tersebut.

Bukan hanya dipenuhi pohon pinus yang kokoh saja, juga terdapat penangkaran bunga anggrek, lho. Anggrek yang dipamerkan di Hutan Orchid Cikole ini tidak hanya satu jenis saja, melainkan beraneka ragam. Keindahan bunga anggrek dipadukan dengan pohon pinus saja sudah indah dan memukau.

Masih ditambah lagi dengan cuaca yang dingin dan sejuk yang membuat Anda terbuai.

Untuk membuat tempat ini makin menarik dan layak dijadikan objek wisata tujuan, juga dibangun banyak spot berfoto yang indah dan unik. Fasilitas yang disajikan disini bahkan sampai berupa taman kelinci, lho. Pengunjung bisa melihat dan bermain dengan kelinci imut yang dirawat disana, bahkan memberi makan juga. Terdengar menyenangkan? Dapat dipastikan, anak-anak akan sangat senang melihat hewan mungil yang lembut tersebut, deh.

 

Alamat : Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Jam operasional : 09.00 - 18.00

4. Dago Dreampark

Lagi-lagi objek wisata buatan yang dipadukan dengan alam bisa Anda nikmati saat liburan ke Bandung, nih. Dago Dreampark merupakan area yang dikhususkan untuk para wisatawan menikmati udara sejuk Bandung dan bersenang-senang bersama keluarga atau sahabat. Disebut Dreampark, memang berkunjung ke sana membuat Anda bisa merasa di alam mimpi.

Bagaimana tidak, Anda bisa mewujudkan keinginan Anda untuk menaiki karpet terbang Aladdin, lho. Benar sekali, Karpet Aladdin merupakan salah satu wahana yang bisa Anda coba disana. Tak hanya merasakan sensasinya sendiri, Anda juga bisa mengabadikannya dalam foto. Selain karpet Aladdin, masih terdapat banyak wahana lain yang tak kalah menariknya.

Beberapa wahana yang tersedia seperti Rumah Up, Kuda Kencana, Love Seat, Sky Bike, Sky Tree, dan masih banyak lagi. Lelah bermain dan berfoto? Anda bisa menikmati aneka santapan nikmat dengan ditemani pemandangan indah. Masih belum puas dan ingin beristirahat dahulu? Paket lengkap, hotel sebagai penginapan juga tersedia untuk pengunjung yang ingin bermalam.

 

Alamat : Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, West Bandung Regency, West Java 40135

Jam operasional : 08.00 -18.00

5. Kampoeng Tulip

Membuat Anda merasa berada di Belanda, sepertinya itu memang tujuan dari Kampoeng Tulip ini, deh. Bagaimana tidak, disana terdapat hamparan bunga tulip dengan aneka warna yang indah dan menawan. Tak hanya tulipnya saja yang dibawa, hawa sejuk dan kincir air buatan juga ada, lho. Anda juga bisa menikmati wisata air yang disediakan di tempat ini. Jadi, tak perlu khawatir kebosanan, tuh.

 

Alamat : Banyu Biru, Jl. Pasir Pogor Raya Jl. Ciwastra, Mekarjaya, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40292

Jam operasional : 09.00 - 17.00

6. Taman Film

Taman film? Taman apa itu? Mungkin pemikiran tersebut sempat lewat di benak Anda, yah. Taman Film merupakan taman tematik yang terletak di bawah Jembatan Pasupati, Bandung. Taman ini diresmikan pada tahun 2014 lalu, sebagai taman dengan konsep bioskop terbuka yang modern dan unik.

Kalau biasanya Anda berkunjung ke taman untuk piknik atau berjalan-jalan santai, kali ini ada aktivitas yang berbeda. Anda bisa menikmati aneka tontonan film secara gratis, tuh. Layaknya bioskop sungguhan, tanah disana dibangun berundak-undak seperti sengkedan sawah. 

 

Alamat : Jl. Layang Pasupati, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116

7. Curug Cipanas

Curug Cipanas merupakan wisata alam yang akan memukau Anda saat berkunjung kesana. Bagaimana tidak, pemandangan air terjun yang indah itu akan membuat Anda bahkan ingin bermain air disana juga. Beruntungnya, Curug Cipanas ini juga mempunyai kolam pemandian air panas yang bisa dinikmati pengunjung. Tak seperti Curug pada umumnya yang hanya memiliki air terjun dan bebatuan saja.

 

Alamat : Jl. Nagrak Tengah, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Jam operasional : 06.00 - 17.00

8. Barli Museum

Kalau Anda kira museum pasti membosankan, Anda salah besar. Mungkin, Anda belum melihat beragam virtual tour luar negeri yang menarik dikunjungi dengan destinasi museum. Atau mungkin, Anda belum pernah liburan ke Bandung dan menyempatkan ke Barli Museum.

Barli Museum merupakan museum seni yang menampilkan aneka karya seni lukis yang indah dan memukau. Tak seperti museum yang kuno, Barli Museum menyediakan fasilitas cafe dan dekorasi kekinian yang disukai anak muda. Tak mengherankan, museum yang sudah ada sejak tahun 1990 ini masih banyak dikunjungi hingga saat ini.

 

Alamat : Jl. Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152

Jam operasional : 10.00 - 17.00

9. Kawah Putih

Bandung memang kaya akan wisata alamnya, mulai dari gunung, bukit, air terjun, hingga kawah. Kawah Putih, kawah yang terletak di Desa Alam Endah merupakan salah satunya. Kawah Putih ini merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Tanahnya bercampur belerang, sementara warna airnya putih kehijauan. Saking uniknya kawah putih ini, tak jarang orang berkunjung untuk mengambil foto prewedding disana, lho. Tentu, pengunjung biasa pun banyak yang berfoto dengan latar belakang kawah ini.

 

Alamat : Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973

Jam operasional : 08.00 -16.00

10.  Gedung Sate

Bukan, gedung ini tidak dinamai Gedung Sate karena ada orang berjualan sate atau merupakan perkumpulan penjual sate. Nama tersebut diambil dari ornamen tusuk sate yang terletak di menara sentral gedung ini. Cukup unik, bukan? Simbol tersebut jugalah yang menjadi penanda khas dari kota Bandung.

Dalam gedung yang kini berfungsi sebagai gedung pemerintahan Jawa Barat ini juga terdapat museum yang bisa dikunjungi, lho. Ingin mencari objek wisata bersejarah lainnya? Coba cari tahu juga deh, 10 destinasi wisata Yogyakarta akhir tahun 2020.

 

Alamat : Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

 

 


Tag Terkait :

Rekreasi


by Abu

Share :


Artikel Terbaru