6 Tips Memilih Jasa Virtual Tour untuk Sekolah Wajib Diketahui

6 Tips Memilih Jasa Virtual Tour untuk Sekolah Wajib Diketahui

Mon, 08 Feb 2021 - 12:08 AM

6 Tips Memilih Jasa Virtual Tour untuk Sekolah Wajib Diketahui

 

 Bisakah menjadikan virtual tour untuk edukasi sekolah? Pertanyaan ini mungkin sudah beberapa waktu Anda renungkan dan gumulkan. Melihat, situasi yang makin kesini makin mengarah ke serba virtual. Mungkin, Anda juga sudah merasakan dan menyadari sendiri perlunya kegiatan tersebut bagi anak-anak sekolah, nih.

Di tengah segala kesibukan dan aktivitas, pengadaan virtual tour ini sangat bisa menjadi alternatif kegiatan yang menyenangkan. Anak sekolah bisa melepas penat dan tetap merasakan tour walau tak bisa secara fisik. Selain itu, virtual tour untuk anak sekolah ini juga bisa jadi sarana menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang berkesan, lho.

Melihat segala sisi positif dari virtual tour ini, virtual tour makin dipandang penting. Eits, tapi, sebelum mengadakan virtual tour, sudah tahu 6 tips memilih jasa virtual tour untuk sekolah yang wajib diketahui? Kalau belum, coba simak dahulu artikel yang satu ini, yuk.

Kriteria Virtual Tour untuk Sekolah yang Perlu Diketahui

Karyawisata sekolah seperti apa sih, yang dibilang sukses? Mungkin, yang mana para siswa bisa mengikuti rute dengan tertib, yah. Bagaimana dengan karyawisata virtual, nih? Kriteria apa yah, yang menandakan virtual tour untuk sekolah yang sukses?

Walau hanya dilakukan secara virtual, penting untuk melihat seberapa berhasilnya kegiatan yang diadakan, dong. Kalau perlu, bisa mengevaluasi dan memperbaiki kedepannya. Dengan begitu, kegiatan yang susah-susah disiapkan ini tak jadi sia-sia. Melainkan, benar-benar bermanfaat, penuh makna, juga berkesan bagi para siswa sekaligus tenaga pendidik. Berikut ini nih, kriteria virtual tour untuk sekolah yang perlu diketahui.

1. Menyenangkan

Salah satu tujuan utama dari pengadaan virtual tour sekolah adalah untuk memberi variasi kegiatan bagi para siswa. Di tengah rutinitas online yang melelahkan, virtual tour ini diharapkan menjadi sumber rekreasi yang menyenangkan. Maka dari itu, salah satu dari pertanda bahwa virtual tour yang diadakan berhasil adalah menyenangkan, pastinya.

Coba deh, perhatikan. Seperti apa respon dan reaksi dari para siswa yang mengikuti virtual tour. Apakah mereka antusias dan senang? Apakah mereka terlihat lebih tersegarkan setelah mengikuti jalan-jalan virtual dengan teman sebayanya? Walau memang berjudul virtual tour atau karyawisata, apakah ada variasi kegiatan yang menyenangkan di dalamnya? Mungkin saja, berupa kuis atau game sederhana yang menghidupkan suasana, nih. Walau sederhana, adanya tambahan variasi kegiatan juga bisa membuat virtual tour lebih menyenangkan lagi.

2. Lancar

Poin ini memang penuh tantangan dan tak mudah untuk dicapai. Virtual tour untuk sekolah yang lancar itu yang seperti apa, sih? Pastinya yang tidak terlalu banyak gangguan, sesuai rencana dan tepat waktu, yah. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri kalau dalam hal ini ada banyak faktor yang mempengaruhi.

Salah satu faktor yang paling berpengaruh yaitu sinyal. Seluruh inti dari kegiatan online memang bergantung pada sinyal internet yang kuat. Akan tetapi, disamping itu, perencanaan yang matang juga penting untuk menjamin kelancaran virtual tour Anda.

Apakah pada saat perencanaan sudah dipikirkan matang-matang? Apakah semua hal sudah dipertimbangkan termasuk secara waktunya juga? Dengan adanya jadwal yang jelas, walaupun ada gangguan, masih lebih mudah untuk dijalankan dengan lancar kembali, nih.

Selain itu, tentu untuk menjamin sinyal yang berkualitas, perlu tuh, menyediakan back up atau rencana sampingan. Misalnya saja, penyedia jasa virtual tour bisa menyediakan banyak Wi-Fi di rumah untuk memperlancar kegiatan virtual tour.

Selain itu, adanya paket data seluler juga bisa menjadi cadangan apabila Wi-Fi mendadak tersendat. Memang, semua hal tersebut tak bisa menjamin 100 persen kelancaran aktivitas tour. Paling tidak, hal tersebut bisa mempercepat perbaikan dan tour kembali bisa dijalankan dengan baik.

3. Berkualitas

Seperti apa sih, layanan yang diberikan oleh jasa virtual tour Anda? Apakah hanya memberikan cerita dan gambar saja untuk mengajak anak didik berjalan-jalan? Atau mungkin, ada tambahan lain berupa video? Atau, lebih baik lagi, menyiapkan fitur yang disediakan Google Maps untuk membuat jalan- jalan makin terasa nyata?

Kualitas dari sebuah virtual tour ini bisa ditentukan oleh aplikasi dan fitur apa yang disediakan dalam virtual tour. Selain itu, juga bergantung pada rute dan destinasi yang dicapai. Apakah banyak tempat populer yang dikunjungi? Apakah rute yang disiapkan sistematis dan tidak membuat bingung? Sudahkah tour guide menyusun dan memastikan semua tempat penting bisa tercapai? Kualitas virtual tour ini sangat penting dalam menjamin kegiatan sekolah yang sukses, lho.

4. Mendidik

Bedanya jalan-jalan biasa dengan karyawisata, apa sih? Tentu, salah satu pembeda yang mencolok adalah pesertanya. Kalau dalam kegiatan rekreasi biasa dilakukan dengan keluarga dan kerabat, karyawisata ini dilakukan dengan teman sekolah. Lantas, apakah itu saja yang menjadi pembeda? Ternyata tidak juga.

Salah satu poin yang tak kalah penting yaitu materi yang akan didapatkan. Umumnya, karyawisata diharapkan lebih bisa mendidik dan memberikan wawasan baru bagi para pesertanya. Tentu, wawasan dan pengetahuan ini sangat bergantung pada konten yang disampaikan oleh tour guide juga destinasi pilihannya.

Virtual tour untuk sekolah yang berhasil bisa diukur juga dari seberapa mendidiknya virtual tour tersebut, lho. Dalam hal ini, tak selalu berarti memiliki banyak materi saja. Melainkan, juga seberapa masuk materi yang disampaikan. Seberapa mudah sih, siswa menangkap dan memahami pengetahuan yang dibagikan?

6 Tips Penting Memilih Jasa Virtual Tour untuk Sekolah

Mengadakan kegiatan sekolah tak bisa asal-asalan. Hal ini bahkan sudah berlaku sejak kegiatan belajar mengajar masih offline, bukan? Walau kelihatannya tidak seformal dan tidak nyata seperti kegiatan offline, ternyata kegiatan virtual juga perlu dipersiapkan dengan baik, nih. Mengingat, tak mudah membuat kegiatan online yang menyenangkan, lancar dan memenuhi kriteria di atas.

Lantas, bagaimana nih, membuat virtual tour untuk sekolah yang lancar dan sukses? Selain berharap dan bergantung pada kualitas sinyal yang memadai, butuh apa lagi sih? Ternyata nih, pemilihan jasa virtual tour yang tepat akan sangat mempengaruhi, lho. Wah, sudah seperti memilih jodoh saja nih, yah. Coba deh, simak dahulu 6 tips memilih jasa virtual tour untuk sekolah berikut ini. Jasa penyedia virtual tour yang Anda pilih sudah memenuhi kriteria belum, nih?

1. Memiliki beragam Virtual Tour di dalam dan luar negeri

Pada masa pandemi ini, tuntutan untuk melakukan segalanya secara online makin meningkat saja. Mau tak mau, semua pihak harus beradaptasi dan mengubah kegiatan yang dulunya tatap muka, bukan? Kehangatan berwisata bersama, hembusan udara sejuk, pemandangan di depan mata harus rela dikorbankan.

Kalau sudah sampai harus mengorbankan banyak hal begini, tentu ingin mempersiapkan acara yang tak kalah berkualitas, dong. Tentu Anda tak ingin memaksakan diri mengadakan acara tour hanya sebagai formalitas saja. Anda punya banyak kesempatan untuk mengadakan beragam study tour online Indonesia dan mancanegara yang menarik dan berkesan, nih. Sekali mengadakan tour online, sekalian berikan yang totalitas.

Apa sih, yang dibutuhkan murid Anda? Apakah ingin mencoba berkeliling Indonesia dulu saja? Atau ingin mencoba mengenalkan luar negeri untuk anak didik Anda? Pastikan, jasa virtual tour yang Anda pilih memiliki ragam virtual tour yang menarik. Dengan begitu, Anda juga bisa kok, memvariasikan tour yang diberikan ke berbagai jenjang murid.

2. Virtual Tour di Pandu oleh Tour Guide profesional berlisensi

Sudah merencanakan virtual tour luar negeri yang menarik dikunjungi, juga sudah memilih destinasi yang paling pas? Nah, sayang banget dong, kalau tour guide yang membimbing kurang profesional. Dalam tour tatap muka Anda mendapatkan pengalaman dari segi pemandangan sekaligus keseruan dengan teman.

Bagaimana dengan tour online? Kunci keseruan tour dipegang oleh tour guide, sinyal, dan kualitas gambar atau video yang ada, bukan? Maka dari itu, pastikan Anda mendapatkan tour guide profesional berlisensi untuk virtual tour Anda.

Tour guide yang berwawasan dan sudah profesional akan membuat perjalanan yang unik ini jadi puluhan kali lebih menarik, nih. Selain itu, pusat informasi yang penting bagi siswa sekolah juga ada di tangan tour guide. Tentunya, Anda ingin para siswa bisa mendapatkan pembelajaran berharga sekaligus cerita menginspirasi, bukan?

Tour guide yang sudah profesional dan malang melintang di dunia pariwisata tentu dapat membantu mewujudkan hal tersebut. Apakah jada virtual tour untuk sekolah yang Anda pilih sudah memenuhi kriteria ini?

3. Virtual Tour bersifat interaktif

Jangankan siswa sekolah, deh. Orang dewasa saja mengakui bahwa susah sekali fokus di depan layar untuk menjalankan meeting online. Apalagi, anak-anak yang masih doyan bermain dan berinteraksi dengan temannya di sekolah. Wah, lalu bagaimana nih, supaya jelajah tempat wisata Indonesia secara online bersama anak didik bisa menyenangkan?

Bagaimana yah, supaya peserta bisa benar-benar merasakan  serunya virtual tour bareng teman sekolah walau saling berjauhan? Tentu, pemilihan destinasi yang menarik bisa jadi salah satu faktor. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri loh, kalau adanya interaksi juga sangat penting. Mengadakan berbagai bentuk kegiatan interaktif seperti kuis berhadiah bisa menjadi pilihan cerdas, nih.

 Nah, apakah jasa virtual tour yang Anda pilih menyediakan kegiatan yang interaktif? Mengumpan pertanyaan dan memberi kesempatan bagi siswa untuk ikut aktif dalam perjalanan? Walau kelihatannya sepele, hal ini sangat penting dalam mendukung pengalaman yang diterima para peserta, loh.

4. Memiliki website yang jelas dan mudah dihubungi

Destinasi menarik dan beragam, tour guide profesional, bentuk kegiatan juga oke. Terdengar sempurna? Tunggu dulu, sebagai penyelenggara virtual tour untuk sekolah, Anda tak bisa asal-asalan menyiapkan, bukan? Anda memiliki serangkaian prosedur dan butuh kejelasan dalam penyelenggaraan.

Maka dari itu, tentu Anda tak ingin memilih jasa virtual tour yang membuat Anda bingung dan merasa digantung. Tak ingin juga kan, tidak mendapatkan kejelasan detail acara padahal sudah mepet hari pelaksanaan?

Pastikan, Anda memilih jasa virtual tour yang memiliki website yang jelas dan mudah dihubungi, yah. Hal ini juga bisa menjadi pertanda dari jasa virtual tour yang bertanggung jawab dan profesional, lho. Selain itu, Anda juga jadi tidak susah berkomunikasi dan mengkonsultasikan detail virtual tour Anda. Website yang jelas juga bisa menjadi tempat Anda melihat hal-hal apa saja yang pernah di posting maupun list paket yang jelas.

Kelihatannya sepele, bukan? Namun adanya website dan nomor yang mudah dihubungi ternyata akan sangat membantu pelaksanaan virtual tour Anda. Akan jauh lebih baik lagi bila jasa virtual tour tersebut juga komunikatif dan fast respond, tentunya.

5. Ada bukti pembayaran kwitansi bermaterai dan invoice

Virtual tour memang tak terlihat secara fisik langsung, bahkan tak bisa bertemu langsung dengan penyedia jasa. Seluruh perjanjian dan pembahasan detail tour terjadi secara online, sampai hari tour dijalankan. Saking virtualnya, mungkin Anda tak merasa sedang bertransaksi pada awalnya.

Walau semuanya berjalan secara virtual, adanya bukti pembayaran yang bermaterai dan jelas tetaplah penting, lho. Keterangan yang jelas mengenai paket tour apa yang Anda pilih dengan harganya tak boleh terlewatkan dari invoice yang diberikan, pastinya.

Bukti pembayaran yang sah dan jelas ini menjadi bentuk hitam di atas putih dalam transaksi online Anda. Tentu, manfaatnya berlaku baik untuk penyedia jasa sendiri juga untuk konsumen yang bertransaksi, nih. Bukti tersebut menjadi tanda nyata yang menggambarkan resminya transaksi Anda. Jadi, pastikan jasa virtual tour yang Anda pilih benar-benar bertanggung jawab dan menyediakan bukti pembayaran yang sah, yah.

6. Pemberi jasa bisa memberikan rekomendasi Virtual Tour yang paling cocok

Sebagai penyelenggara study tour di sekolah, Anda pasti punya kriteria dan keinginan tertentu, bukan? Bisa jadi, ingin tour yang melepas penat dan membantu siswa berekreasi dengan menyenangkan. Tak menutup kemungkinan juga, tour luar negeri  yang akan membukakan wawasan baru yang lebih luas.

Yang tak kalah menarik, mengadakan kegiatan belajar online sejarah Indonesia melalui virtual tour untuk anak sekolah. Apapun yang menjadi keinginan dan kriteria Anda, tentu Anda ingin yang terbaik. Nah, bukan hanya keinginan Anda saja loh yang penting. Kemampuan jasa penyedia virtual tour untuk memberi saran dan rekomendasi juga penting.

Mengingat, mereka lebih tahu tentang detail dan fitur dari masing-masing destinasi tour. Rekomendasi dari pihak penyedia jasa virtual tour bisa jadi membantu Anda dalam menentukan destinasi yang paling cocok. Akan jauh lebih baik lagi, kalau jasa tour tersebut juga bisa memberikan penjelasan detail dan saran yang spesifik.

Misalnya saja, memberikan informasi tentang hal apa saja yang kurang pas untuk anak sekolah. Jasa virtual tour untuk sekolah yang lebih baik lagi, yang sampai bersedia memberi virtual tour trial untuk tenaga pendidik, nih. Dengan begini, pihak yang ingin mengadakan virtual tour juga lebih yakin dan lebih mengerti seperti apa virtual tour yang akan dijalankan bagi anak didiknya.

Mengadakan sebuah acara secara online memang terdengar praktis, namun cukup menantang juga, lho. Mengingat, acara virtual atau online ini merupakan sesuatu yang tergolong baru dan butuh persiapan yang matang. Termasuk, mengadakan virtual tour untuk anak sekolahan.

Untuk bisa mengadakan acara yang menyenangkan, mendidik dan lancar dibutuhkan jasa penyedia virtual tour yang profesional, nih. Jadi, perhatikan baik-baik dan jangan sampai salah pilih jasa virtual tour untuk sekolah, nih, Sobat Wisata.  Bagaimana, apakah jasa penyedia virtual tour yang Anda pilih sudah sesuai dengan kriteria tersebut? Kalau belum, coba terapkan sendiri yuk, 6 tips memilih jasa virtual tour untuk sekolah yang wajib diketahui di atas. 

 

 


Tag Terkait :

Rekreasi


by Abu

Share :