Belajar Online Sejarah Indonesia Dengan Virtual Tour

Belajar Online Sejarah Indonesia Dengan Virtual Tour

Mon, 19 Oct 2020 - 12:43 PM

Belajar Online Sejarah Indonesia Dengan Virtual Tour

Belajar online sejarah Indonesia dengan virtual tour? Memungkinkankah? Kali ini Pandu Wisata akan mengulas lengkap mengenai virtual tour sejarah Indonesia yang cocok untuk edukasi sekolah maupun untuk wisata reguler.

Belajar sejarah itu membosankan tidak, sih? Mungkin kalangan siswa sekolah tak sedikit yang merasa belajar sejarah itu melelahkan atau sulit untuk dihafalkan. Keluhan seperti ini sudah seakan turun-temurun dan sering ditemui pada berbagai zaman yah, sepertinya.

Kondisi pandemi Covid-19 yang cukup mendadak ternyata membuka peluang trend wisata baru, yaitu virtual tour. Virtual tour ini pun ternyata menjadi jawaban bagi masalah pembelajaran siswa. Dengan virtual tour, siswa dapat diajak rekreasi sambil belajar tentang sejarah dengan cara yang asik dan tentunya tidak mengundang kantuk.

Bukan hanya seru untuk diikuti saja, virtual tour ini juga dapat memberikan ilmu, pengetahuan, serta pengalaman yang tak mudah dilupakan. Dimana saja sih destinasi virtual tour sejarah Indonesia yang menarik? Apa juga keuntungan dari belajar sejarah melalui virtual tour?

 

Destinasi Virtual Tour Sejarah Indonesia

Ingin mengadakan virtual tour sejarah Indonesia, di kota mana yah? Tak perlu khawatir atau bingung mencari destinasi yang asik, karena Indonesia sendiri punya banyak sejarah yang tersebar di berbagai daerah, kok. Tak kalah seru dari Virtual Tour Petersburg Russia, ataupun Amsterdam virtual city tour, virtual tour di Indonesia juga seru dan tentunya informatif.

Jika dibuat rincian, sebenarnya ada banyak sekali pilihan destinasi yang sayang dilewatkan di Indonesia. Namun berikut beberapa pilihan destinasi virtual tour sejarah Indonesia yang patut dipertimbangkan :

 

1. Virtual Tour Kota Surabaya

Salah satu destinasi virtual tour sejarah Indonesia yang direkomendasikan untuk anak sekolah yaitu Virtual tour kota Surabaya. Wah, benarkah? Apakah tour sejarah bisa dilaksanakan di kota Metropolitan seperti Surabaya, yah? Tentu saja, karena kota Surabaya sendiri dijuluki Kota Pahlawan dan memiliki banyak tempat bersejarah yang dapat dikunjungi.

Virtual tour ini dapat mengunjungi Jembatan Merah, ikon bersejarah yang terletak di Surabaya. Jembatan dimana banyak pemuda mengorbankan nyawanya demi berjuang untuk negara. Yang tak kalah terkenal, yaitu Hotel Majapahit, tempat penyobekan bendera Belanda oleh Bung Tomo.

Di Kota Surabaya, juga terdapat Monumen Pahlawan yang juga sering dikunjungi untuk karyawisata sekolah.

 

2. Virtual Tour Kota Semarang

Kota Semarang juga menyimpan banyak sejarah yang menarik untuk dipelajari. Lawang Sewu menjadi salah satu tempat yang nyaris tak pernah dilewati saat berkunjung ke Semarang, bahkan melalui Virtual Tour. Lawang Sewu ini merupakan kantor pusat Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda pada masa penjajahan.

Masih ada Kota Tua juga yang tiap bangunannya memiliki ciri khas zaman dahulu. Stasiun Tawang juga menjadi salah satu tempat iconic yang didesain langsung oleh arsitek Belanda Sloth-Blauwboer pada masa penjajahan pula. Tentu, masih ada banyak destinasi lain seperti Klenteng Sam Pho Kong, Gereja Blenduk, Simpang Lima, dan masih banyak lagi.

 

3. Virtual Tour Kota Yogyakarta

Tak terlalu jauh dari Semarang, Yogyakarta bisa menjadi destinasi virtual tour sejarah Indonesia yang menarik. Anda bisa mengunjungi Candi Prambanan dan mengisahkan pada para siswa tentang legenda dibalik pembangunannya. Bahkan juga ada Candi Borobudur yang merupakan tempat bersejarah sekaligus salah satu keajaiban dunia.

Kraton Yogyakarta juga bisa dikunjungi untuk memperkenalkan keistimewaan daerah yang satu ini. Selain itu juga terdapat beberapa alternatif tempat lain yang tak kalah menarik, seperti Malioboro, Mangkubumi, Tugu Jogja, dan sebagainya. 


Manfaat Belajar Online Sejarah Melalui Virtual Tour

1. Pembelajaran asik tapi tersampaikan optimal

Pembelajaran virtual memang seringkali diasosiasikan dengan ‘bosan’, ‘sulit fokus’, dan ‘kurang efektif’. Para pengajar mungkin juga bingung bagaimana menyiasati kebosanan tersebut, khususnya pada kalangan siswa sekolah SD maupun SMP. Kini, tidak perlu lagi bingung bagaimana membuat pembelajaran virtual jadi lebih menarik dan tetap efektif dalam menyampaikan materi yang ada. Virtual tour sangat cocok untuk dijadikan media pembelajaran virtual, bahkan untuk belajar sejarah.

Belajar online sejarah Indonesia dengan Virtual Tour dapat membantu pengajar menyampaikan materi sejarah dengan cara yang mudah diingat. Misalnya, saat mengunjungi Hotel Majapahit, tour guide dapat menginformasikan peristiwa sejarah apa yang pernah terjadi di tempat tersebut.

Detail mengenai tahun, tanggal, waktu kejadian sejarah pun dapat dicantumkan untuk mengedukasi siswa, lho.  Sesi tanya jawab juga biasanya bisa diadakan sehingga siswa dapat mengeksplor lebih tentang apa yang menarik perhatian mereka.

 

2. Menjadi hiburan bagi para siswa

Jangankan belajar online, pembelajaran normal yang berlangsung di sekolah saja seringkali juga menimbulkan kepenatan dan kelelahan, bukan? Virtual tour ini juga menjadi variasi agar siswa bisa refreshing sejenak dengan berjalan-jalan bersama teman sekolah secara virtual.

Hiburan ini pun tidak sepenuhnya melepas siswa dari aktivitas belajar. Virtual Tour Disney Land Asterix Park Paris juga bisa jadi pilihan untuk mengajak mereka refreshing, tetapi untuk pembelajaran sejarah, destinasi Indonesia tak kalah menarik.

Mereka masih tetap belajar dan mengenal seperti apa bukti sejarah yang selama ini mungkin hanya mereka baca di buku saja. Ketika siswa terhibur, maka tentu pembelajaran juga dapat berlangsung dengan lebih lancar sekaligus menyenangkan, bukan? Hiburan bagi para siswa tak harus sepenuhnya bermain, juga tak harus selalu memakan biaya yang besar.

Hiburan sederhana yang menggunakan edukasi mengenai sejarah Indonesia pun bisa memberi suasana baru bagi pembelajaran.

 
3. Mengenal lebih tentang negeri sendiri

Poin ini sebenarnya tidak hanya berlaku bagi para siswa saja. Anda yang sudah berstatus mahasiswa, pekerja, ibu rumah tangga juga bisa mengikuti virtual tour sejarah Indonesia untuk lebih mengenal tentang tanah air tercinta. Jika biasanya sekedar tahu bahwa ada tempat menarik yang bersejarah, kini Anda bisa melihat secara virtual seperti apa sih, keadaan tempat yang punya banyak cerita tersebut.

Dengan mengenali negeri sendiri, kebanggaan dan rasa cinta tanah air pun makin dipupuk. Pada kalangan anak sekolah, hal ini jelas menjadi fondasi penting yang tidak dapat dilewatkan. Ketika nanti ditanya tentang Indonesia seperti apa, tentu pengalaman dan pengetahuan dari virtual tour ini akan terpikir dengan lebih cepat. 

 

Wah, ternyata Indonesia punya banyak sejarah dan kisah yang legendaris dan berharga. Berbagai peristiwa yang ada, bangunan yang sudah dipugar bertahun-tahun, dan masih banyak lagi tempat bersejarah menarik yang ada di Indonesia. Virtual tour sejarah Indonesia menarik minat Anda untuk mengadakan karyawisata bagi edukasi sekolah atau untuk mengenal lebih tentang sejarah? Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat langsung mengunjungi laman Virtual Tour di website Pandu Asia untuk info lebih lengkapnya. Pandu Asia menyediakan tour reguler juga tour untuk edukasi sekolah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, pastinya.

 


Tag Terkait :

Rekreasi


by Abu

Share :