Melihat Keberagaman Budaya Indonesia Melalui Virtual Tour

Melihat Keberagaman Budaya Indonesia Melalui Virtual Tour

Tue, 20 Oct 2020 - 10:48 PM

Melihat Keberagaman Budaya Indonesia Melalui Virtual Tour

Halo Sobat Wisata, Anda penasaran apakah bisa melihat keberagaman budaya Indonesia melalui virtual tour? Artikel ini akan mengulas tentang virtual tour budaya Indonesia yang perlu Anda ketahui.

Virtual tour mungkin terdengar sebagai hal yang menarik dan merupakan inovasi baru. Dahulu, tak ada jenis tour yang seperti ini, bukan? Berwisata itu harus melibatkan fisik, perjalanan yang kadang jauh, juga biaya yang tak selalu sedikit. Sementara dalam virtual tour, secara fisik tidak perlu capek kemana-mana namun juga mendapatkan pengalaman menarik.

Nah, konsep yang menarik ini tak jarang kurang dieksplor. Padahal, virtual tour ini bisa jadi ide rekreasi ataupun karya wisata sekolah yang menarik. Bahkan, bukan sekedar jalan-jalan, virtual tour bisa menjadi sarana mengeksplor keragaman budaya Indonesia yang tak ada habisnya. 

Ingin tahu lebih lengkap mengenai virtual tour budaya Indonesia ini?

Destinasi Virtual Tour Budaya Indonesia

Kalau ingin memperdalam pengetahuan akan budaya di Indonesia, paling pas kemana sih? Mungkin Anda berpikir begitu ketika mempertimbangkan virtual tour budaya. Sebenarnya ada banyak sekali destinasi yang bisa dieksplor. Coba intip saja, seberapa banyaknya daerah, suku, budaya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Budaya sendiri juga tidak hanya berbicara soal tarian khas saja, melainkan juga cara hidup yang ada di tempat tersebut. Hal ini terkadang dapat terlihat dari bangunan yang ada juga, lho. Banyak hal dapat menjadi perwujudan dari budaya yang telah mengakar bertahun-tahun.

Berikut beberapa destinasi virtual tour budaya Indonesia yang menarik dikunjungi :

  1. Virtual Tour Bali Kintamani

Bali merupakan destinasi yang cocok bagi Anda pecinta budaya. Bali memiliki budaya yang khas yang mengalir pada berbagai bidang seni dan kehidupan di sana. Di Kintamani sendiri saja, Anda bisa mengunjungi Pura Gunung Kawi, dimana Anda bisa mengenal tradisi yang dilakukan di sana. Dari bentuk bangunan dan rumah-rumah yang ada di Desa Batuan, Desa Celuk, maupun Desa Mas Goa Gajah, Anda juga dapat mengenal seperti apa kehidupan di sana. Bukan hanya Bali Kintamani, area Bali lain juga tak kalah menarik untuk dieksplor, lho.

  1. Virtual Tour Kota Semarang

Semarang merupakan salah satu destinasi virtual tour yang menarik. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat dengan arsitektur unik. Anda bisa mengenali seperti apa kehidupan di sana. Sementara untuk tempat yang bisa dieksplor seperti Gereja Blenduk, Klenteng Sam Pho Kong, Lawang Sewu, dan masih banyak lagi.

  1. Virtual Tour Laskar Pelangi

Tempat apa saja sih memangnya, yang bisa dikunjungi dalam tour ini? Tak kenal tak sayang, mungkin ada sebagian yang merasa asing dengan destinasi berikut. Namun, bukan berarti tak banyak hal yang bisa dieksplor. Anda bisa mengeksplor Kampung Suku Sawang dan mengenali budaya mereka. Pasar Lipat Kajang, Pasar Gantong yang menjadi tempat jual beli, Musium Kata, Dermaga Kirana, bahkan juga Sekolah Laskar Pelangi.

Virtual Tour Budaya Indonesia Cocok Untuk...

Virtual tour mungkin sudah tak jarang didengar semenjak masa pandemi Covid-19, yah. Mungkin tak sedikit yang sudah tahu sekilas tentang virtual tour maupun virtual tour budaya Indonesia. Nah, tapi pernahkah Anda terpikir untuk siapa sih virtual tour ini bisa dimanfaatkan secara maksimal? Sebesar apa kemanfaatan dari sarana yang ada ini?

1. Pelajar

Pelajar disini meliputi siswa sekolah mulai dari jenjang Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, bahkan sampai mahasiswa. Wah, banyak sekali sepertinya jangkauan dari virtual tour budaya ini? Untuk siswa yang masih berusia 5-12 tahun, pembelajaran yang diberikan biasanya adalah pengetahuan dasar yang akan membentuk pengetahuan di jenjang berikut.

Tentu disini bukan hanya matematika atau IPA saja yang penting, melainkan juga pembelajaran budaya. Mencintai budaya dan mengembangkannya perlu dipupuk sejak dini, bukan? Virtual Tour budaya dapat menjadi sarana pengenalan budaya Indonesia yang tepat bagi para siswa sekolah.

Lalu bagaimana dengan mereka yang sudah tergolong pra-remaja atau remaja? Pembelajaran budaya yang diberikan pada tingkat ini tentu lebih luas lagi. Justru makin besar, perlu untuk makin mengerti budaya yang ada khususnya di negara sendiri. Ketika berkuliah pun, budaya tetap perlu diingat dan dikenali.

Jika begitu mencapai jenjang kuliah sudah dilupakan, lantas pengenalan budaya sebelumnya akan percuma, bukan? Pada jenjang kuliah, pengenalan budaya ini tentu diperlengkapi lagi dan bukan cuma bicara soal nama-nama tarian saja. Melainkan, bagaimana budaya yang ada di Indonesia mempengaruhi tingkah laku dan kebiasaan yang berbeda-beda.

2. Pekerja khususnya di bidang pariwisata dan seni

Sebenarnya, semua pekerja di segala bidang perlu untuk mengenal budaya Indonesia dan terus melestarikannya. Akan tetapi, para pekerja di bidang pariwisata dan seni benar-benar perlu mengenal budaya yang akan terkait dengan profesi secara langsung, nih.

Sebagai pekerja di dunia pariwisata, tentu mengenal budaya tak kalah penting dari mengenal lokasi dan sejarah semata, bukan? Budaya menyimpan cerita dan banyak fondasi yang mungkin tak disadari.

Bagi pekerja seni pun, karya yang dihasilkan tak akan melulu dialiri aliran modern. Tak jarang, ada project atau tawaran yang menuntut pekerja seni untuk memasukkan unsur budaya di dalamnya. Entah itu budaya berpakaian, tarian, makanan, musik, instrumen, dan sebagainya.

Sudah bekerja begini, belajar budaya rasanya akan memberatkan kalau harus membaca, membaca, dan membaca, yah? Virtual tour budaya Indonesia dapat menjadi sarana rekreasi untuk melepas penat sekaligus mengenal kembali budaya Indonesia yang begitu beragam dan kaya ini, lho.

3. Siapa saja yang cinta budaya Indonesia

Memang, jika sudah menjadi passion, segala yang dilakukan terasa menyenangkan dan tak membebani. Bagi Anda yang merasa mempelajari keberagaman budaya Indonesia membuat Anda merasa begitu excited dan senang, kini Anda punya kesempatan untuk mengenal budaya Indonesia dengan cara yang asik. Bukan, bukan belajar yang menegangkan dan melelahkan.

Anda dapat mengeksplor keberagaman budaya Indonesia yang memang begitu kaya dan tak terbatas. Besar kemungkinan, akan ada saja hal baru yang Anda temui atau kenali.

Kecintaan pada budaya Indonesia yang terus mendorong Anda untuk mengenali budaya ini bukan tidak mungkin dapat menghasilkan sesuatu suatu hari nanti. Tiap budaya Indonesia yang Anda temui dapat Anda tuangkan dalam karya maupun pekerjaan Anda.

Melihat keberagaman budaya Indonesia melalui virtual tour mungkin bukan sesuatu yang pernah Anda bayangkan. Akan tetapi, kini peluang tersebut memanggil Anda. Anda bahkan tak perlu khawatir kehabisan waktu atau tenaga untuk mengeksplor Indonesia.

Tunggu apa lagi nih, Sobat Wisata? Manfaatkan momentum dan kesempatan yang ada dengan mencoba mengalami sendiri seperti apa sih, Virtual tour itu. Bagaimana rasanya mengenali dan mempelajari budaya dengan cara yang bisa dibilang unik ini? Tentu pengalaman seperti ini akan sangat sayang bila dilewatkan.

 

 

 


Tag Terkait :

Rekreasi


by Abu

Share :