10 Field Trip Virtual Luar Negeri yang Bagus untuk Anak Sekolah Dasar

10 Field Trip Virtual Luar Negeri yang Bagus untuk Anak Sekolah Dasar

Sun, 22 Nov 2020 - 06:30 PM

Field trip virtual bisa jadi pilihan aktivitas yang menyenangkan bagi anak sekolah. Akan tetapi, tentu dalam mengadakan field trip virtual ini, perlu dipertimbangkan destinasinya. Setelah mengajak anak mengeksplor dalam negeri, tak ada salahnya mulai melirik trip luar negeri, lho. Kali ini, Pandu Asia akan menyajikan 10 field trip virtual luar negeri yang bagus untuk anak sekolah dasar.

Luar negeri sering kali lebih dikenal oleh orang dewasa atau anak muda. Akan tetapi, sebenarnya tak ada salahnya untuk mengenalkan anak sekolah dasar. Dengan begitu, mereka bisa mengetahui seperti apa kondisi yang sebenarnya di belahan dunia lain. Anak sekolah dasar ini tentunya juga bisa lebih memahami nilai dan budaya yang beragam. Hal ini akan menjadi bekal untuk ke depannya. Tentunya, selain membawa mereka berkeliling dan menikmati aneka hiburan yang ada. Destinasi mana saja sih, yang menarik untuk dikunjungi anak sekolah?

10 Field Trip Virtual Luar Negeri untuk Anak Sekolah

Di dunia ini, terdapat banyak sekali tempat yang menarik untuk dikunjungi. Di dalam 5 benua yang ada, terdapat berbagai negara dengan ciri khas tersendiri. Ada yang punya 4 musim, ada juga yang hanya 2 musim. Ada negara yang unggul dalam hal wisata alamnya, ada juga yang lebih fokus pada wisata budaya. Berbagai tempat yang tersebar di seluruh dunia juga punya keunggulan tersendiri. 

Keberagaman ini menyajikan banyak pilihan dan opsi bagi penikmat pariwisata. Apa saja sih, field trip virtual luar negeri yang bagus untuk anak sekolah? Berikut 10 destinasi diantaranya :

1. Seoul, Korea Selatan

Korea Selatan memang sedang populer, terutama di Indonesia. Orang dari berbagai generasi mengenali negara ini dengan hasil seni musik dan filmnya. Akan tetapi, sebenarnya Korea Selatan juga punya destinasi wisata yang menarik. Seoul Virtual City Tour ini bisa jadi pilihan field trip yang bagus untuk anak sekolah dasar juga, lho.

Mereka dapat mengenali seperti apa sebenarnya Korea Selatan ini. Akan lebih cocok juga bila trip ini ditujukan untuk mengenali budaya dan kuliner. Sehingga, anak sekolah ini tak lagi hanya mengenal Korea dengan K-Popnya saja. Mereka bisa mengenali tempat wisata, pakaian khas, musik tradisional, dan masih banyak lagi. 

2. Jepang

Jepang dikenal sebagai salah satu negara di Asia yang cukup maju. Dibilang maju, karena perkembangan teknologi yang cukup pesat di sana. Negeri Sakura ini bisa jadi pilihan destinasi yang pas untuk anak sekolah dasar. Mereka bisa menikmati keindahan alam dan belajar geografi. Peserta juga bisa diajak mengenali nilai positif dan budaya saat mengikuti Jepang Virtual Tour.

Untuk memecah kebosanan, peserta juga bisa diajak berkeliling ke tempat wisata anak-anak yang populer di Jepang.Dengan begitu, para siswa tak lagi hanya mengenal Jepang dengan komiknya saja. Melainkan, mengerti lebih jelas tentang nilai, sistem, lingkungan, juga budayanya.

3. St. Petersburg, Russia

Virtual Tour Petersburg Russia paling cocok diadakan untuk mempelajari tentang budaya, arsitektur, dan sejarah. Salah satu kota yang menjadi tujuan turis lokal maupun domestik ini punya keunikan yang memukau. Para siswa sekolah dasar dapat memiliki gambaran tentang seperti apa lingkungan di St. Petersburg Russia.

Mereka juga dapat menikmati berbagai pembelajaran dari museum yang ada. Destinasi yang cukup unik dan mungkin belum terlalu dikenal oleh anak sekolah dasar ini menarik juga.

4. London, Inggris

Para siswa sekolah dasar sering diajak dan diminta belajar bahasa Inggris. Akan jauh lebih afdol lagi, kalau mereka sudah diajak mengeksplor Inggris melalui London virtual city tour, bukan? Siswa sekolah tersebut bisa diajak melihat bangunan megah dari Buckingham Palace maupun Big Ben. Mengajak mereka mengeksplor tempat populer yang mendunia di London bisa jadi pengalaman seru, lho.  Sambil menyelam minum air, menambahkan pengetahuan Bahasa Inggris British juga bisa jadi pilihan seru.  

5. Paris, Perancis

Paris paling dikenal dengan Menara Eiffelnya. Bahkan anak sekolah pun, sudah banyak yang mengenal Menara Eiffel. Tidak menutup kemungkinan, mereka juga punya ketertarikan yang tinggi untuk berkunjung ke Paris. Keinginan ini bisa diwujudkan dalam bentuk Paris virtual city tour.Bukan hanya berkeliling di Menara Eiffel saja, masih banyak destinasi menarik lainnya.

Salah satunya yaitu Museum Louvre yang menyimpan banyak hasil karya seni populer. Bagi anak sekolah yang berminat mengenali kuliner populer dunia, juga cocok mengikuti virtual tour Perancis.

6. Amsterdam, Belanda

Belanda mungkin selama ini dikenal oleh siswa sekolah sebagai negara yang banyak muncul dalam pelajaran sejarah. Akan tetapi, mungkin tak sedikit yang belum tahu seperti apa Negeri Kincir Angin ini. Dalam Amsterdam virtual city tour para siswa juga bisa melihat bangunan dan kanal yang indah.

Dari segi arsitekturnya sendiri tentu cukup berbeda dari yang ada di Indonesia. Kebiasaan bersepeda di Amsterdam ini juga bisa dikenalkan untuk mengajarkan pola hidup sehat, lho. 

7. Italia

Coba tanyakan pada para siswa sekolah dasar, apakah mereka menyukai pizza dan pasta? Kemungkinan besar, mereka sudah bisa mengenali makanan tersebut. Makanan Italia memang sudah cukup diterima dan berkembang di Indonesia. Tentu, mereka akan lebih senang bila bisa tahu seperti apa negara asal makanan tersebut.

Berkunjung ke Italia dapat menjadi kegiatan menyenangkan yang mengenalkan wisata alamnya.

8. Australia

Tak harus ke benua yang jauh-jauh dari Indonesia, Australia juga bisa jadi pilihan yang seru. Field trip virtual ke Australia ini dapat diadakan untuk mengenalkan salah satu benua yang siswa pelajari. Beberapa tempat populer yang bisa dikunjungi seperti Melbourne dan Sydney. Sydney sendiri juga dikenali dengan pantainya yang menjadi tujuan wisata. Disana, juga terdapat Sydney Opera House yang punya pemandangan indah.

9. Thailand

Salah satu destinasi wisata di Asia yang menarik untuk diperkenalkan pada anak sekolah yaitu Thailand. Dengan cuaca yang 11/12 dengan Indonesia, Thailand sebenarnya punya budaya yang cukup berbeda dan unik. Para siswa bisa diajak berkunjung ke tempat wisata populer di Thailand, seperti sungai Chao Phraya. Temple Wat Arun yang punya arsitektur unik juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Dalam mengikuti tour Thailand, siswa bisa dikenalkan dengan ciri khas kuliner Thailand juga, nih.

10. Barcelona, Spain

Barcelona merupakan salah satu kota di Spanyol yang menjadi destinasi favorit turis. Mengenalkan Barcelona pada para siswa melalui field trip virtual, menarik juga, bukan? Berbagai tempat yang bisa Anda kunjungi dalam trip virtual Barcelona seperti La Sagrada Familia. Untuk anak-anak, juga ada Museum of Natural Science yang bisa jadi sumber pengetahuan. Tentu, masih ada berbagai tempat wisata lain yang unik dan indah di Barcelona.

 

 

 

 

 


Tag Terkait :

Rekreasi


by Abu

Share :