10 Virtual Tour Indonesia Terbaik yang Cocok Untuk Anak Sekolah

10 Virtual Tour Indonesia Terbaik yang Cocok Untuk Anak Sekolah

Mon, 16 Nov 2020 - 04:14 AM

Liburan memang menyenangkan, apalagi yang bisa dilewati bersama teman sekolah. Akan tetapi, dibalik itu ada para tenaga pendidik yang harus rela pusing memilih destinasi yang paling pas, lho. Karyawisata fisik saja sudah bingung mau pilih kemana, apalagi virtual tour. Saking banyaknya tempat menarik, penentuan destinasi yang dipengaruhi banyak faktor ini jadi memakan waktu. Tak ingin terlalu berlama-lama dalam menentukan destinasi? Coba simak yuk, 10 virtual tour Indonesia terbaik yang cocok untuk anak sekolah berikut.

Pertanyaan tentang ‘study tour virtual, menarikkah?’ mungkin sering muncul di benak Sobat Wisata. Tetapi, khususnya dalam kondisi seperti ini, merasakan serunya virtual tour bareng teman sekolah bisa jadi pengalaman tak terlupakan. Akan tetapi, destinasi apa saja yang cocok dan menarik, yah? Pertanyaan ini penting sekali untuk dijawab dan benar-benar dipertimbangkan sebelum mengadakan virtual tour untuk anak sekolah, nih. 

Virtual Tour Indonesia Terbaik Untuk Anak Sekolah

Walau dalam virtual tour, tiadanya batasan jadi poin menarik, tapi wisata dekat juga menarik, lho. Bukan hanya virtual tour luar negeri saja yang patut dicoba, virtual tour Indonesia juga bisa jadi pilihan menarik. Untuk tujuan study tour, kira-kira destinasi apa yang cocok, yah? Jika diperhatikan, ada begitu banyaknya tempat wisata alam, sejarah, dan budaya di Indonesia.

Apa saja diantaranya yang cocok dijadikan virtual tour Indonesia untuk anak sekolah? Berikut ini beberapa destinasi yang bisa dijadikan referensi :

1. Tugu Pahlawan

Sempat terpikir mengajak anak sekolah untuk mengikuti Virtual Tour Kota Surabaya? Anda membuat pilihan yang tepat, nih. Di Surabaya yang dijuluki Kota Pahlawan ini, terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi ini akan sangat cocok bila digunakan untuk belajar sejarah.

Salah satu destinasi yang cocok untuk anak sekolah yaitu Tugu Pahlawan. Tugu yang dibangun untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 ini juga digunakan sebagai museum. Di bawah tanah sedalam 7 meter, terdapat museum yang dilengkapi dengan dokumentasi bersejarah. Pada 19 Februari 2000, museum ini diresmikan dan sering dijadikan destinasi wisata sejarah atau study tour.

2. Museum Batik Danar Hadi

Museum Danar Hadi didirikan pada tahun 2008 di kota Solo, Jawa Tengah. Di dalamnya juga terdapat area Museum Batik Kuno Danar Hadi yang sudah diresmikan pada 2002. Tempat ini dikhususkan untuk menjadi cagar budaya. Dimana di dalamnya, terdapat multipurpose function hall yang dulunya merupakan kediaman pangeran.

Untuk museum batiknya sendiri, tentu saja memajang dan memamerkan beragam batik sampai 10.000 helai kain batik. Museum ini akan sangat cocok dijadikan destinasi virtual tour Indonesia untuk anak sekolah. Mereka dapat mengenal budaya sekaligus melihat tempat bersejarah ini. Batik sendiri juga merupakan salah satu produk dalam negeri yang patut dibanggakan, bukan? Tentu, generasi muda perlu mengenal dan mencintainya sebelum melestarikannya.

3. Pura Tirta Empul

Bali bukan hanya bicara soal pantai saja, lho. Pulau Dewata memiliki banyak destinasi wisata menarik yang sayang bila dilewatkan, nih. Salah satunya, yaitu Pura Tirta Empul yang bisa ditemui dalam virtual tour Bali Kintamani. Pura Tirta Empul ini didirikan didekat sumber mata air pada tahun 962 M.

Pura ini dibangun untuk Dewa Wisnu yang dipercayai oleh umat agama Hindu. Akan tetapi, siapapun bisa menikmati pemandangan yang indah di sekitar Pura Tirta Empul ini. Tak kalah menariknya, tempat ini juga sempat dikunjungi oleh mantan Presiden AS, Barack Obama pada tahun 2017, lho.

4. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang cukup populer di Bogor. Kebun ini memiliki luas hingga 87 hektar dan cocok dikunjungi oleh anak sekolah. Di masa lalu, pada 1474-1513, kebun ini sudah menjadi bagian dari hutan buatan atau taman buatan.

Kebun ini kemudian dikembangkan lagi oleh Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles. Halaman istana tersebut dijadikan taman bergaya Inggris klasik yang masih dijaga hingga sekarang. Selain melihat pemandangan, pengunjung juga bisa belajar tentang botani di tempat ini.

5. Taman Fatahillah

Taman Fatahillah merupakan destinasi wisata sejarah yang cocok untuk anak sekolah. Nama Fatahillah sendiri merupakan nama dari tokoh berjasa yang merebut Sunda Kelapa dari tangan Portugis. Taman ini terletak di area pusat Kota Tua Jakarta. Di dalamnya, juga terdapat Museum Fatahillah, Museum Wayang, Kantor Pos Kota, dan sebagainya. Museum Fatahillah sendiri, dulunya merupakan bekas Balai Kota Jakarta.

6. Keraton Yogyakarta

Mengikuti virtual tour kota Yogyakarta, Keraton Yogyakarta menjadi salah satu destinasi yang wajib dieksplor. Keraton ini masih digunakan sebagai tempat tinggal sultan sekaligus sebagai museum yang penting. Mengingat keberadaan keraton seperti ini sudah cukup jarang di Indonesia, maka tak sedikit yang penasaran dan ingin melihat apa yang ada. Para siswa bisa melihat seperti apa penampilan bangunan bersejarah yang juga kental akan budaya ini.

7. Lembang

Salah satu tempat yang banyak dituju dalam virtual tour kota Bandung adalah Lembang. Daerah ini cukup dikenal dengan suhunya yang rendah dan cuaca yang sejuk. Tentu, bukan hanya sejuk saja, melainkan terdapat banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Walau secara online pun, Anda dapat melihat suasana dan cuaca yang tergambar dalam bentuk video maupun maps. Para siswa dapat menikmati suasana ini juga dan belajar sedikit tentang geografi suatu tempat.

8. Taman Mini Indonesia Indah

Virtual tour Jakarta makin menarik saja untuk dicoba, nih. Daerah tersebut merupakan taman wisata yang cukup populer di Jakarta. Disana, terdapat banyak museum budaya yang cocok dikunjungi oleh anak sekolah. Berbagai teater legenda khas Indonesia juga ditampilkan. Banyaknya hiburan dan pelajaran yang bisa diperoleh di sana menjadikan tempat ini sebagai destinasi  favorit.

9. Dermaga Kirana

Apakah ada tempat wisata menarik di daerah Tanjung Pandan bagi anak sekolah? Ternyata, di Tanjung Pandan ini terdapat Dermaga Kirana yang punya arsitektur menarik. Dermaga ini bahkan sering disebut dengan Rumah Keong karena kemiripan bentuk bangunannya.

Disana, terdapat banyak gazebo atau tempat bersantai yang terbuat dari rotan. Gazebo tersebut yang menjadi penyebab julukan Rumah Keong itu diberikan, nih.

10. Stasiun Tawang

Jika Anda berkunjung ke Semarang, maka kemungkinan besar akan menemui sebuah stasiun unik, yaitu Stasiun Tawang. Stasiun ini sudah ada sejak jaman penjajahan dan masih dipertahankan hingga saat ini. Hal ini terlihat dari arsitekturnya yang masih bercirikan klasik.

Stasiun yang juga diberi predikat stasiun terbesar ini memiliki lalu lintas yang cukup sibuk. Akan sangat menarik untuk mengeksplor Stasiun Tawang dalam virtual tour Indonesia, nih. Para siswa bisa belajar sejarah, mengamati arsitektur yang ada, juga mengenal salah satu jenis sarana transportasi.

 


Tag Terkait :

Rekreasi


by Abu

Share :