Beragam Wisata Virtual Indonesia yang Menarik Diikuti

Beragam Wisata Virtual Indonesia yang Menarik Diikuti

Wed, 14 Oct 2020 - 08:49 PM

Beragam Wisata Virtual Indonesia yang Menarik Diikuti

Apa saja sih, beragam wisata virtual Indonesia yang menarik diikuti? Pandu Asia hadir dengan informasi menarik dan terkini tentang wisata virtual yang tak ingin Anda lewatkan.

Kesibukan dan kegiatan yang padat membuat Anda bosan dan penat? Ingin merefresh pikiran namun tak tahu harus ngapain lagi? Mungkin memang ada banyak hiburan di smartphone Anda. Mulai dari menonton film, membaca e-book, menekuni hobi, dan sebagainya. Meskipun begitu, pernahkah Anda merasa begitu bosan dan jenuh bahkan dengan sederet kegiatan tersebut? Mungkin itu pertanda bahwa Anda butuh rekreasi dan refreshing, nih.

Rekreasi tak harus memakan waktu banyak yang kemudian memaksa Anda untuk cuti atau absen, kok. Dalam masa pandemi, rekreasi juga tak harus dilakukan dengan mengorbankan keselamatan diri, yah. Dengan adanya perkembangan teknologi yang makin canggih dan memadai, wisata virtual tak menjadi hal yang mustahil untuk diwujudkan.

Kini, Anda hanya perlu meluangkan waktu beberapa jam saja untuk bisa menikmati pengalaman baru dalam wisata virtual. Hal ini menjadi peluang menarik yang bisa membuat Anda kembali semangat untuk menjalani segala kesibukan. Wisata virtual ini juga bisa dilakukan tak jauh-jauh sampai ke luar negeri, lho. Anda dapat memilih beragam wisata virtual Indonesia yang menarik diikuti dan tentu tak kalah dari destinasi luar negeri.

Benarkah wisata Indonesia juga patut dilakukan? Tempat apa saja yang menarik untuk dikunjungi? Mengapa sih, berwisata keliling Indonesia ini sayang untuk dilewatkan? Selanjutnya juga, apa saja yah, yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti wisata virtual ini? 


Destinasi Wisata Virtual Indonesia yang Menarik

Bicara tentang destinasi wisata menarik di Indonesia sebenarnya tak ada habisnya. Tak kalah dari wisata luar negeri, Indonesia juga memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi baik secara fisik maupun virtual. Jika dilihat saja, Indonesia terdiri dari banyak pulau dan kota yang tentunya punya ciri khas masing-masing. Nyaris tak ada kota yang tak menarik untuk dieksplor di Indonesia.

Mulai dari wisata budaya, sejarah, alam, gunung, pantai, semuanya tersedia di tempat tertentu yang tersebar di seluruh Indonesia. Bukan hanya wisata alam, wisata buatan yang ada di Indonesia juga tak kalah menarik untuk dieksplor, tentunya. Walau begitu, berikut beberapa destinasi wisata virtual Indonesia yang bisa menjadi referensi sebelum Anda berwisata. 

1. Jakarta

Bagi Anda yang tinggal diluar kota Jakarta, Virtual Tour Jakarta bisa jadi pilihan yang menarik. Anda tidak punya kesempatan untuk mengunjungi kota ini namun tertarik untuk berkeliling dan melihat apa yang ad disekitar? Jakarta memiliki berbagai tempat wisata yang dapat dikunjungi bagi segala usia.

Ingin mencari hiburan di taman bermain yang besar dan punya beragam wahana, ada Ancol dan Dufan. Ingin wisata yang lebih mengenang sejarah, juga ada berbagai museum maupun Monas, ikon penting di Jakarta. Anda sudah pernah ke Jakarta dan sudah tidak tahu mau eksplor apa lagi dari kota ini? Virtual tour mesjid Jakarta bisa jadi pilihan menarik walau Anda pernah ke Jakarta, lho.

Anda juga bisa memilih virtual tour mistis Jakarta untuk tantangan dan ketegangan yang lebih.

2. Bali

Ingin destinasi yang lebih eksotis dan punya banyak tempat wisata alam? Bali bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi, walau melalui wisata virtual. Tentu, akan jauh lebih baik bila bisa merasakan langsung suasana yang ada di Pulau Dewata ini. Akan tetapi, wisata virtual juga dapat mengobati rindu dan penat, kok.

Anda dapat mengikuti virtual tour Bali Kintamani untuk mengeksplor keindahan alam di Bali yang tidak hanya terdiri dari pantai saja. Bukan hanya wisata alam saja, Anda juga dapat mengeksplor budaya yang kaya di destinasi favourite turis mancanegara ini, kok.

Destinasi ini bahkan juga cocok untuk karyawisata anak sekolah secara virtual, selain untuk wisata pribadi.

3. Yogyakarta

Mengunjungi Yogyakarta memang alangkah baiknya dilaksanakan secara fisik langsung. Anda bisa langsung merasakan dan mencicipi kuliner khas Jogja yang terkenal. Akan tetapi, wisata virtual juga tak kalah menarik untuk dilakukan, khususnya dalam kondisi pandemi seperti ini.

Anda dapat berkeliling kota pelajar ini sambil mengenal seperti apa sih, seluk beluk kota Yogyakarta. Di Yogyakarta juga terdapat daerah keraton yang tak kalah menarik untuk dikenali lebih lagi. Jarak yang mungkin jauh antara tempat tinggal Anda dengan Yogyakarta tak lagi membatasi dengan adanya virtual tour kota Yogyakarta.

4. Bandung

Masih di pulau Jawa, Bandung juga bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin berkeliling mengenal lebih lagi wisata lokal. Kota yang cuacanya seringkali lebih dingin dan sejuk dibanding berbagai kota lain ini bisa meredam penat Anda yang disebabkan kesibukan, lho.

Anda dapat melihat apa saja sih, tempat menarik di Bandung yang mungkin nanti dapat dikunjungi saat kondisi sudah mendukung. Darimana? Tentu dari mengikuti virtual tour kota Bandung yang pastinya tak kalah asik dan menarik dari Paris virtual city tour.

5. Medan

Ingin melihat destinasi wisata Indonesia yang ada diluar pulau Jawa? Anda dapat berkunjung ke Medan, Sumatera Utara melalui virtual tour kota Medan. Anda dapat mengunjungi berbagai museum, tempat ibadah, wisata kuliner dan masih banyak lagi hal menarik yang dapat ditemui.

Sambil menyimak, tak ada salahnya juga nih, mencatat destinasi dan tips menarik dari tour guide wisata virtual. Kelak, Anda bisa menggunakan panduan tersebut untuk secara langsung berkeliling Medan, lho. Menarik, bukan?


Alasan Wisata Virtual Indonesia Sayang Dilewatkan

Berwisata ke luar negeri memang tak pernah membosankan. Ada berbagai benua dan negara yang menarik untuk dieskplor dan dikenali lebih lagi. Tiap negara memiliki fitur dan destinasi yang berbeda-beda, juga disesuaikan dengan budaya, alam, dan iklim yang ada.

Hal ini membuat wisata luar negeri tak pernah kehabisan peminat. Akan tetapi, coba Anda cek lagi sebelum berkeliling ke luar negeri. Kota atau tempat mana saja sih yang sudah Anda eksplor sebagai orang Indonesia asli? Jangan-jangan, Anda belum banyak mengenal wilayah sekitar tempat tinggal sendiri, nih.

Sayang sekali, berikut alasan wisata virtual Indonesia ini patut Anda coba dan pertimbangkan. 

1. Budaya Indonesia kaya, tapi belum tereksplor

Indonesia punya beragam suku dan budaya, yang berarti ragam budaya Indonesia tentu kaya. Budaya ini bisa meliputi banyak hal, mulai dari kuliner, pakaian, musik, seni, bahkan juga kebiasaan dan adat. Sebagai penduduk Indonesia sendiri, tentu alangkah baiknya jika bisa melestarikan dan mengeskplor budaya yang kaya ini, yah.

Anda juga jadi lebih kenal dengan negara yang Anda tinggali. Tak perlu bingung lagi bila harus menceritakan kepada orang dari berbagai negara tentang Indonesia. Yah, jika bukan Anda, siapa lagi? 

2. Destinasi alam yang patut diacungi jempol

Turis mancanegara pun mengakui bahwa di Indonesia terdapat berbagai wisata alam yang memukau. Salah satunya, yaitu pulau Bali yang sudah jadi destinasi langganan turis dari berbagai negara. Diluar Bali, juga masih banyak wisata alam Indonesia yang beragam. Mulai dari air terjun, gunung, bukit, pantai, danau, dan masih banyak lagi.

Diluar itu, juga banyak tempat wisata alam yang masih belum terjamah dan punya pemandangan menakjubkan, lho. Sayang kan, kalau orang Indonesia sendiri tak bisa mengeksplor kekayaan alam yang indah dan memukau ini? 

3.  Bisa jadi referensi jalan-jalan

Sekarang, Anda mungkin harus menahan diri karena berbagai alasan untuk tetap di rumah. Mungkin karena hari kerja yang tetap penuh, atau bisa juga karena pertimbangan physical distancing yang harus dipatuhi semasa pandemi Covid-19. Walau begitu, Anda tetap dapat berekreasi saja sudah menjadi suatu hal yang menarik.

Apalagi, rekreasi yang Anda lakukan secara virtual ini dapat berguna di kemudian hari. Guna yang seperti apa yang dimaksud? Ya, Anda bisa memperhatikan dan mencatat destinasi yang dikunjungi dalam wisata virtual Anda. Anda bisa mempertimbangkan sendiri mana yang menarik untuk dieksplor secara fisik agar liburan lebih efektif.

Lumayan yah, Anda jadi tak perlu membuang waktu ketika liburan langsung nanti dan hanya mengunjungi destinasi yang memang menarik saja. Mengingat destinasi Indonesia ini lebih mudah dijangkau nantinya, Anda pasti dapat memanfaatkan apa yang didapat selama virtual tour, deh.


Hanya Ini Persiapan Wisata Virtual Indonesia

Koper, pakaian, lotion, alat mandi dan membersihkan diri, tiket, aksesori, sepatu, apa lagi? Ketika akan bepergian, biasanya Anda menyiapkan list barang bawaan yang tak sedikit bukan? Masih ingat ketika Anda sedemikian rupa menata koper agar semua muat walau agak berdesakan? Mungkin bahkan Anda juga membawa 1 koper kosong tambahan untuk membawa oleh-oleh, yah.

Persiapan tersebut bukannya tidak menyenangkan, namun memang lebih rumit dibanding persiapan wisata virtual, lho. Ingin berwisata virtual dadakan pun, Anda tidak perlu khawatir memakan waktu untuk persiapan. Apa saja sih, hal yang perlu dipersiapkan untuk wisata virtual, khususnya dengan destinasi lokal? 

1. Device yang memadai

Super penting bagi Anda Sobat Wisata untuk pertama-tama menyiapkan perangkat yang memadai untuk digunakan dalam wisata virtual. Tidak perlu device yang mahal, mewah, atau baru, kok. Cukup device yang memiliki ruang penyimpanan cukup dan dapat bekerja dengan baik.

Tentunya, device yang digunakan juga tidak harus berupa laptop atau pc, yah. Anda bahkan bisa menggunakan smartphone Anda untuk mengikuti wisata virtual. Tentu kebanyakan dari Anda sudah menggunakan smartphone juga untuk berbagai keperluan WFH atau Belajar dari Rumah, bukan?

Jika diibaratkan, device memadai ini seperti kendaraan yang Anda gunakan saat bepergian secara fisik. Tentu Anda perlu memilih ‘kendaraan’ yang nyaman dan berfungsi dengan baik, yah. 

2. Koneksi internet yang stabil

Memang, hidup di jaman yang makin canggih ini, sinyal menjadi poin penting yang selalu dibutuhkan nyaris dalam segala situasi. Apalagi, dalam kondisi pandemi Covid-19 yang membuat pekerjaan, sekolah, bahkan ibadah dirumahkan. Bayangkan saja, kalau sedang meeting pekerjaan penting lalu sinyal tidak ada.

Wah, tentu hal ini sangat menyulitkan, yah. Dalam wisata virtual, Anda juga perlu memastikan ada koneksi Internet yang stabil. Lebih baik bila menggunakan WiFi, namun tak ada salahnya juga kok menggunakan paket data seluler. Asalkan, Anda memastikan bahwa paket data seluler Anda belum mendekati masa berlaku ataupun kehabisan kuota, yah.

Tentu tidak ingin bukan, tiba-tiba terhenti ketika sedang mengunjungi tempat penting di destinasi yang Anda pilih? 

3. Ruang penyimpanan untuk aplikasi

Mengingat banyaknya hal yang harus disimpan di ponsel, ruang penyimpanan seringkali didapati hampir penuh. Bagaimana tidak penuh, sekarang ini semua disimpan di ponsel, seakan menggantikan ingatan otak saja. Mulai dari dokumen, video, foto, musik, aplikasi, semua disimpan di ponsel dan makin hari makin bertambah terus.

Nah, sebelum mengikuti wisata virtual, pastikan Anda sudah mengecek ruang penyimpanan di smartphone atau device lain yang Anda gunakan. Mengapa begitu? Dalam wisata virtual, Anda menggunakan aplikasi Zoom atau aplikasi meeting lain yang serupa. Anda tentu perlu menyiapkan ruang bahkan mendownload aplikasi yang digunakan lebih awal.

Dengan begitu, ketika wisata virtual akan dimulai, Anda sudah siap dan hanya perlu memasukkan kode meeting saja. Terdengar lebih nyaman dan memudahkan, yah? 

4. Tempat yang nyaman dan waktu luang

Sudut mana di rumah Anda yang Anda rasa cukup tenang dan tidak berisik? Anda tentu punya 1 tempat atau spot favorit yang biasanya mungkin juga digunakan untuk mengikuti kelas atau bekerja, kan? Bisa jadi di kamar sendiri, di ruang kerja, atau ada juga yang nyaman di ruang tamu.

Dimanapun sebenarnya Anda bisa mengikuti wisata virtual, sih. Bahkan, saat sedang di perjalanan selama Anda tidak menyetir, Anda juga bisa saja mengikuti wisata virtual. Akan tetapi, sangat disarankan memilih tempat yang nyaman agar bisa lebih leluasa dan fokus berwisata, yah.

Jika ingin lebih nyaman, lebih baik juga untuk memilih wisata pada waktu yang memang luang agar Anda tidak bercabang-cabang. Sayang kan, bila wisata asik jadi terputus-putus karena kesibukan lain atau kebisingan di sekitar. 

5. Biaya yang ramah di kantong

Tentu, layaknya berwisata secara fisik, Anda juga perlu menyiapkan dana untuk wisata. Bila biasanya Anda harus pertimbangkan dana tiket transportasi, dana akomodasi hotel, dana kuliner, belum lagi untuk shopping dan oleh-oleh, kini Anda tidak perlu repot.

Anda hanya perlu menyiapkan biaya tiket virtual tour yang tentunya sangat terjangkau dan ramah di kantong. Dengan kisaran harga yang dimulai dari Rp50.000,- saja, Anda dapat dilayani secara maksimal oleh tour guide yang ada, lho. Anda bisa dibawa mengelilingi destinasi menarik yang ada di sebuah kota, kok.

Tour guide telah mempersiapkan sedemikian rupa tiap masalah teknis agar perjalanan Anda menyenangkan.

 

Bagaimana, Anda makin terinspirasi dan mendapat referensi mengenai destinasi wisata virtual yang menarik dikunjungi? Ternyata, banyak yah, destinasi lokal yang mungkin sebelumnya tak terpikirkan atau terlewatkan.

Tak disangka juga, bahwa dari tempat tersebut ada banyak peluang menarik salah satunya yaitu wisata virtual. Ternyata wisata virtual yang tidak terlalu rumit dari segi persiapan ini menawarkan banyak hal bagi Anda.

Tertarik untuk langsung mencoba sendiri sensasi wisata virtual Indonesia? Anda tak perlu bingung atau khawatir lagi, PanduAsia menyediakan berbagai pilihan paket wisata virtual yang menarik.

Anda bisa langsung memilih destinasi mana yang paling menarik minat Anda. Informasi lengkap bisa Anda temukan di website atau sosial media dari PanduAsia.


Tag Terkait :

Rekreasi


by Abu

Share :