Liburan Sudah Dekat, Cari Tahu 10 Tips Persiapan Libur Akhir Tahun 2020

Liburan Sudah Dekat, Cari Tahu 10 Tips Persiapan Libur Akhir Tahun 2020

Wed, 09 Dec 2020 - 08:16 PM

Liburan Sudah Dekat, Cari Tahu 10 Tips Persiapan Libur Akhir Tahun 2020

Liburan sudah dekat, cari tahu 10 tips persiapan libur akhir tahun 2020, yuk. Jangan rela liburan Anda jadi membosankan hanya karena pandemi, dong. Ada banyak cara merayakan dan menghabiskan liburan akhir tahun dengan menyenangkan dan aman, kok.

10  Tips Persiapan Libur Akhir Tahun 2020

Sobat wisata ingin menjadikan liburan kali ini berkesan tapi tak tahu harus ngapain? Simak 10 tips persiapan libur akhir tahun 2020 berikut, deh.

1. Rundingkan bersama keluarga

Liburan akhir tahun memang paling asik bila bisa dilewatkan bersama dengan keluarga tercinta. Akhir bulan Desember yang merupakan tanggal merah ini memang waktu strategis untuk berkumpul. Kalau diingat-ingat, mungkin tahun lalu dan tahun lalunya lagi juga dihabiskan bersama keluarga, bukan? Nah, begitu juga dengan liburan akhir tahun 2020 ini.

Coba deh, ambil waktu sejenak untuk duduk bersama dengan keluarga kecil Anda. Mungkin sambil makan malam atau menikmati makanan ringan di meja makan. Ini bisa jadi kesempatan untuk lebih dekat dengan tiap anggota keluarga juga, lho.  Coba sendiri deh, keakraban saat mempersiapkan liburan ini juga terasa seperti bagian dari liburan, lho.

2. Cari kecocokan jadwal libur

Di waktu makan malam, sudah duduk bersama dan ngobrol-ngobrol ringan dengan keluarga. Berbagai ide sudah disampaikan dan mungkin ada ide yang dirasa jauh lebih menarik dari yang lainnya. Lalu, langkah selanjutnya bagaimana? Coba keluarkan kalender yang bisa dicoret-coret dan pulpen atau spidol, deh.

Tandai dan cari kecocokan jadwal libur keluarga kecil Anda. Untuk tipe keluarga muda yang anaknya masih sekolah sih, kemungkinan besar pasti libur di bulan Desember akhir. Akan tetapi, untuk yang anaknya sudah bekerja nih, atau Anda sendiri bekerja, perlu dibahas juga, lho.

Tak bisa dipungkiri, ada beberapa profesi dan tempat kerja yang punya ketentuan libur tersendiri. Mencari kecocokan jadwal libur ini akan membantu Anda menentukan kapan akan menghabiskan waktu bersama. 

3. Bahas aktivitas menarik selama liburan

 Disaat berkumpul ini, coba bahas kira-kira libur akhir tahun ini mau ngapain. Disini, semua ide bisa disampaikan dan saling dievaluasi, tuh. Misal, ada yang mengusulkan ingin bermain permainan papan bersama di rumah. Mungkin juga, ada yang menyampaikan ide lain yang didapat dari teman.

Tuangkan semua ide-ide dari masing-masing anggota keluarga dan bahas dengan menyenangkan. Bahas juga tuh, aktivitas mana yang kira-kira paling banyak peminatnya. Diantara aktivitas tersebut bisa coba dijadwalkan atau mungkin semuanya bisa dilakukan bergantian.

4. Rencanakan mengikuti virtual tour

Tak bisa dipungkiri, liburan akhir tahun 2020 ini memang agak unik dan berbeda dari biasanya. Pandemi Covid-19 yang merajalela pada tahun 2020 ini membuat segala hal berubah, termasuk libur akhir tahun Anda. Mau bepergian jadi sulit, mengkhawatirkan, dan tidak dianjurkan.

Padahal, ini saat-saat bisa rehat dari segala kesibukan, nih. Eits, jangan kecewa dulu. Mengikuti virtual tour dengan PanduAsia untuk mengisi liburan akhir tahun Anda bisa jadi ide yang menarik untuk dicoba, lho. Anda bisa memilih beragam virtual tour luar negeri yang menarik dikunjungi untuk memberi sensasi baru pada liburan Anda. Tak hanya itu, jelajah tempat wisata Indonesia secara online juga masih sangat mungkin untuk dilakukan.

5. Cari dan pilih destinasi virtual tour yang menarik

Virtual tour sendiri sebenarnya merupakan konsep dan kegiatan yang menarik. Akan tetapi, virtual tour bisa jadi jauh lebih menarik bila dilakukan ke destinasi yang diminati. Ketika sedang membahas bersama keluarga, coba utarakan juga destinasi yang ingin dikunjungi.

Mungkin, bisa juga tuh, memilih destinasi yang sempat ingin dikunjungi secara langsung. Setidaknya, walau belum bisa langsung berkunjung, Anda bisa mengikuti virtual tour. Anda juga bisa mengajak keluarga menikmati virtual tour budaya luar negeri, nih.

6. Siapkan makanan dengan tema ‘khusus’

‘Virtual tour memang menarik, tapi tidak bisa kulineran, dong?’ Jangan khawatir, Anda bisa meningkatkan pengalaman berlibur dengan sekreatif mungkin. Persiapan libur akhir tahun 2020 memang agak berbeda, tapi sangat bisa dikreasikan, kok.

Bagaimana caranya, nih? Salah satu contohnya yaitu dengan menyiapkan santapan makan bersama dengan tema khusus. Makanan ini bisa disantap sebelum, saat, maupun setelah mengikuti virtual tour. Misalnya nih, saat mengikuti Paris virtual city tour, Anda bisa memesan terlebih dahulu makanan asal Perancis. Coba deh, pesan croissant di bakery terdekat dan panaskan di rumah. Walau kelihatan sederhana, hal ini bisa jadi pengalaman tak terlupakan, lho.

7. Atur kegiatan unik yang buat akhir tahun makin seru

Virtual tour dilaksanakan sekitar 2 jam, sementara libur akhir tahun Anda mungkin lebih dari seharian. Lalu, setelah virtual tour selesai, enaknya ngapain? Tentu saja, di momen spesial ini sayang sekali bila dilewatkan dengan bermain ponsel masing-masing di rumah.

Coba deh, adakan kegiatan unik lain bersama keluarga. Misalnya saja, bermain permainan kuno, memasak bersama, menonton film, dan sebagainya.

8. Hubungi keluarga besar melalui video call

‘Wah, akhir tahun begini biasanya sudah berlibur dengan keluarga besar di villa, nih.’ Anda merindukan suasana libur akhir tahun yang hangat bersama keluarga? Jangan hanya dirindukan dan di angan-angan saja, dong. Segera hubungi keluarga besar dan ajak berbincang secara virtual.

Sekarang ini, juga sudah ada teknologi canggih yang memungkinkan dijalankannya online meeting. Cukup 1 device untuk 1 keluarga, Anda bisa menikmati suasana ramai bersama keluarga walau secara virtual.

9. Ajak keluarga besar liburan virtual bersama

Seru sih, bisa ngobrol bersama sanak-saudara secara virtual di Zoom. Tapi,.. Rasanya ada yang kurang kalau tidak menikmati tempat wisata bersama? Ide cemerlang untuk persiapan libur akhir tahun 2020, yaitu mengadakan wisata bersama.

Lantas bagaimana dengan protokol kesehatannya? Jangan khawatir, tour yang bisa dinikmati dengan aman dan menyenangkan tak mengharuskan Anda keluar rumah. Pesan virtual tour untuk keluarga besar Anda dan nikmati sensasi berlibur virtual bersama-sama.

Sambil tinggal di rumah masing-masing, mengikuti dan menyimak virtual Tour Petersburg Russia sepertinya menarik juga, lho. Tak ingin jauh-jauh? Virtual tour Bali Kintamani juga bisa jadi pilihan.

10. Berbeda tak berarti tak spesial

Libur akhir tahun 2020 ini tak seleluasa biasanya, memang. Persiapan libur akhir tahun 2020 mungkin sempat membuat Anda makin tak semangat. Membayangkan menghabiskan liburan di rumah saja, dan tidak melakukan sesuatu yang spesial. Eits, libur akhir tahun 2020 ini tak harus dihabiskan dengan semembosankan itu, lho.

Kalau Sobat menyimak ke-10 tips persiapan libur akhir tahun 2020 ini, ada sesuatu yang menarik. Berbeda tak harus tak spesial. Liburan sambil physical distancing ini tak harus membosankan. Kesempatan untuk ini justru bisa dijadikan pengalaman tak terlupakan.

 

 


Tag Terkait :

Rekreasi


by Abu

Share :


Artikel Terbaru