10 Destinasi Wisata Jogja di Libur Akhir Tahun 2020

10 Destinasi Wisata Jogja di Libur Akhir Tahun 2020

Fri, 11 Dec 2020 - 09:49 AM

10 Destinasi Wisata Jogja di Libur Akhir Tahun 2020

Liburan sudah dekat, rencana mau kemana, nih? Supaya nggak bingung dan galau, coba simak 10 destinasi wisata Jogja di libur akhir tahun 2020 ini, yuk.

10 Destinasi Wisata Jogja yang Menarik

Ingin liburan virtual? Atau rencana langsung berlibur secara langsung saja? Yang manapun yang menjadi pilihan Anda, tak masalah, kok. Berikut ada 10 destinasi wisata Jogja yang bisa dijadikan referensi liburan kali ini. Sebagian bisa dikunjungi virtual, tapi ada juga tuh, yang lebih asik langsung dikunjungi. Pilih sendiri deh, destinasi mana dibawah ini yang ingin Anda kunjungi kali ini.

1. Candi Borobudur

Yogyakarta nyaris tak pernah terlewat dari daftar 10 tempat bersejarah di Indonesia lewat field trip virtual. Tak heran sih, mengingat banyaknya situs bersejarah di Jogja yang bisa dinikmati. Salah satunya, yaitu candi Borobudur yang sudah terkenal sampai ke mancanegara dan diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya.

Candi yang begitu megah dan menakjubkan ini memang punya arsitektur yang luar biasa. Selain itu, kisah yang tertuang dalam relief di Candi Borobudur ini juga tak kalah menariknya. Kalau Anda mengunjungi Jogja secara langsung, pastikan kondisi tubuh fit, yah.

Mengingat, Anda harus berjuang menaiki tangga bila ingin sampai ke puncak. Yah, tentunya hal tersebut tak perlu dipusingkan kalau Anda mengikuti virtual tour kota Yogyakarta bersama Pandu Asia. Anda bisa menikmati tempat bersejarah yang memukau ini beserta kisah yang melekat pada candi ini dengan mudah dan praktis.

2. Pantai Indrayanti

Yogyakarta mempunyai banyak destinasi bersejarah yang menarik untuk dikunjungi dan dinikmati. Akan tetapi, tak hanya itu saja lho, tempat menarik di Yogyakarta ini. Di Yogyakarta terdapat banyak wisata alam yang tak kalah patut dikunjungi. Salah satunya yaitu pantai Indrayanti yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kabupaten Gunung Kidal.

Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Pulang Sawal (Pantai Pulsa).  Sebenarnya, di Jogja, khususnya di area Gunungkidul, terdapat banyak pantai yang indah juga. Namun, Pantai Indrayanti memiliki keunikan yaitu perbukitan karang yang membatasi pantainya.

Tempat ini akan sangat cocok dikunjungi di libur akhir tahun 2020. Anda tak perlu khawatir berada di ruang tertutup dengan banyak orang. Anda justru bisa menikmati udara segar dari pantai Indrayanti ini. Tapi, perhatikan juga soal cuaca yang sering hujan di akhir tahun ini, yah.

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu destinasi yang menarik diantara beragam study tour online Indonesia dan mancanegara. Penyebabnya? Tentu karena tempat ini merupakan tempat kesultanan Yogyakarta, yang tak ada di semua daerah. Namanya saja, Daerah Istimewa, nih.

Anda bisa menikmati seperti apa sih tempat tinggal sultan yang penuh sejarah dan kisah ini. Ingin benar-benar belajar lebih tentang sejarah dan budaya klasik? Anda bisa mengunjungi  langsung Keraton Yogyakarta bersama keluarga. Akan tetapi, dalam masa pandemi seperti ini, tak ada salahnya tuh jelajah tempat wisata Indonesia secara online.

Sobat wisata bisa mengikuti virtual tour Yogyakarta bersama keluarga di rumah. Sambil duduk-duduk, mendengarkan kisah dan melihat seperti apa Keraton Yogyakarta sepertinya menarik juga, nih. Sebuah cara yang berbeda dan spesial untuk menutup tahun 2020.

4. Bukit Paralayang Parangtritis

Sudah ingin segera keluar dan mencari udara segar? Sebenarnya, alangkah baiknya kalau bisa menahan diri dan liburan dari rumah saja, sih. Akan tetapi, ada alternatif wisata yang cukup aman untuk dikunjungi di libur akhir tahun 2020, nih. Tempat yang satu ini terletak di atas bukit, dimana Anda bisa melihat Pantai Parangtritis di bawah.

Bagi Anda yang hobi memacu adrenalin dan mencari tantangan baru, tempat ini cocok dikunjungi, nih. Anda bisa menikmati olahraga ekstrim paralayang bersama dengan ahli di atas bukit ini. Tak hanya untuk mengikuti olahraga ekstrim saja, kok. Anda juga bisa menikmati udara yang sejuk di atas bukit ini. Karena juga terbuka dan bersifat outdoor, berkunjung ke bukit Paralayang ini bisa jadi pilihan yang cukup aman dan menarik.  

5. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara merupakan salah satu pantai di Yogyakarta yang juga cukup populer. Pantai ini memilki pasir berwarna agak gelap, namun teksturnya cukup halus dan lembut. Karena merupakan pantai pengembangan baru, disana terdapat banyak pohon cemara. Pohon cemara yang ada disana ditanam dengan tujuan menghindari abrasi air laut. Menariknya lagi, di Pantai Goa Cemara juga terdapat konservasi penyu, lho. Penangkaran penyu ini memiliki tema besar ‘Save our Turtles’.

6. Bukit Bintang Jogja

Seperti namanya, salah satu karakteristik unik dari bukit yang satu ini terletak pada banyaknya ‘bintang’ yang bisa disaksikan. Mengingat bukit ini merupakan bagian dari dataran tinggi, Anda bisa menikmati pemandangan indah dari atas. Walau tak sepenuhnya bintang sungguhan, gemerlap lampu di Kota Jogja terlihat seperti hamparan bintang.

Duduk-duduk santai bersama keluarga di puncak bukit Bintang ini bisa jadi alternatif liburan yang asik, lho. Tak hanya melihat pemandangan indah saja, Anda bisa menikmati kuliner yang ada di bukit Bintang ini.

7. Hutan Pinus Pengger

Suntuk terus-terus melihat gedung dan kendaraan bermotor? Coba deh, rencanakan destinasi wisata Jogja di libur akhir tahun 2020. Jogja tak hanya punya wisata budaya dan sejarah saja, melainkan juga wisata alam. Salah satunya, yaitu Hutan Pinus Pengger yang berlokasi di Sendangsari, Kabupaten Bantul. Anda bisa menikmati pemandangan hutan pinus yang indah, juga spot-spot menarik untuk berfoto.

8. Wisata Kaliurang

Wisata Kaliurang ini memilki banyak tempat wisata, seperti The Lost World Castle, Taman Wisata Kaliurang, dan sebagainya. Tak hanya itu, disana juga terdapat banyak Stonehenge Yogyakarta. Tempat yang dekat dengan Gunung Merapi ini sudah pasti juga memilki cuaca yang lebih sejuk, nih.

9. Candi Prambanan

Berwisata melihat candi yang megah sambil sekaligus belajar online sejarah Indonesia melalui virtual tour , menarik juga. Pada libur akhir tahun 2020 ini, Candi Prambanan bisa menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi. Candi Hindu terbesar di Indonesia yang satu ini juga termasuk situs warisan dunia UNESCO, lho. Selain itu, juga terdapat legenda unik yang menceritakan asal usul dari Candi Prambanan, lho. Ingin mengajak anak-anak berwisata edukasi tanpa kehilangan faktor seru?

10. Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras kaca, seperti apa tuh? Mungkin sebagian dari Sobat Wisata juga berpikir demikian, yah. Teras Kaca Pantai Nguluran ini merupakan salah satu destinasi wisata Jogja yang cukup unik. Di atas pantai, terdapat teras kaca yang indah dan cocok dijadikan spot berfoto. Bukan seperti spot foto  buatan biasa saja, Anda bisa melihat pemandangan pantai di bawah, lho.

 


Tag Terkait :

Rekreasi


by Abu

Share :


Artikel Terbaru