Panduan Lengkap Liburan ke Jogja dengan Murah 2019-2020

Panduan Lengkap Liburan ke Jogja dengan Murah 2019-2020

Sun, 22 Dec 2019 - 11:12 PM

Halo Sobat Wisata, Bagaimana Kabarnya? Kali ini Pandu ingin berbagi informasi mengenai Panduan Lengkap Liburan Ke Jogja.

Siapa yang gak kenal dengan kota Yogyakarta. Kota yang terbuat dari pulang, kenangan dan angkringan ini selalu sukses menghipnotis banyak orang yang pernah singgah walau sekejap. Jogja meski begitu populer dan sangat maju, tapi tak pernah sedetikpun meninggalkan tradisi dan budayanya.

Kota Jogja juga sangat terkenal dengan kekayaan alamnya seperti danau, gunung, pantai hingga hutannya. Bahkan, kulinernya pun sangat nikmat dan sudah terkenal sejak berpuluh-puluh tahun lamanya. Banyaknya destinasi Wisata di Jogja tentu saja perlu adanya sebuah Panduan lengkap ketika ingin berlibur kesana agar bisa mendapatkan Perhitungan biaya yang murah di tahun 2019-2020 ini.

Alasan sederhana kenapa Jogja selalu dicintai adalah karena nyaman, bebas macet, masyarakat asli jogja yang sangat ramah dengan siapapun. Bahkan, Jogja memiliki budaya yang begitu kental sehingga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Berbagai macam Destinasi Wisata di Jogja bisa menjadi destinasi Utama bagi sobat yang ingin mendapatkan liburan murah, aman dan menyenangkan.

Destinasi Wisata Jogja adalah salah satu destinasi wisata Unggulan dari berbagai macam destinasi wisata murah di Indonesia.


1. Panduan Lengkap Transportasi Liburan Ke Jogja dengan Murah 

Beragam Transportasi Murah Jogja bisa kamu dapatkan tanpa harus merasa khawatir apakah kamu dapat menjelajah Jogja dengan mudah atau tidak.

Sebelum kita lanjut membahas destinasi apa saja yang ada di Jogja, sebaiknya kita bahas dulu panduan lengkap liburan ke Jogja dari sisi rute perjalananannya, jika kamu memulainya dari Salah satu kota Besar yang memiliki beragam paket wisata murahnya, yaitu bila kamu memulai destinasi wisata ke Jogja melalui Jakarta.

Pesawat:

Kalau kamu memilih perjalanan yang tergolong cepat, kamu bisa menggunakan transportasi pesawat. Pertama-tama kamu harus memilih maskapai apa yang akan kamu gunakan, bisa menggunakan garuda, lion air atau maskapai lainnya.

Untuk harga kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Harga tiket termurah biasanya berkisar Rp500.000 ke atas hingga Rp.1.000.000.

Biasanya, rute Jakarta-Jogja ini tidak ada transit alias langsung. Sesampainya di Bandara Adisutjipto, kamu bisa memilih salah satu hotel yang sudah tersebar di Jogja.

Mulai dari homestay hingga hotel bintang lima. Kalau kami sarankan kamu bisa menginap di 101-hotel yang berada cukup dekat dengan malioboro, keraton jogja dan butuh beberapa langkah kaki untuk menuju tugu jogja.

Kereta:

Kalau kamu memilih perjalanan yang agak santai, kamu bisa menggunakan kereta. Pertama-tama, kamu bisa memesan tiket kereta dengan harga 300an ribu untuk kelas bisnis.

Kamu bisa naik dari stasiun pasar senin ke stasiun tugu dengan estimasi perjalanan sekitar 8 jam perjalanan. Setelah sampai di stasiun tugu, kamu bisa memilih hotel di 101-hotel yang cukup dekat dari stasiun.

Setelah sampai di hotel, kamu bisa istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan wisata kali ini.

Kamu bisa melihat review 101-Hotel di Tripadvisor berikut ini : Review 101 Hotel Yogyakarta 


2. Panduan Lengkap Rute Perjalanan Liburan Ke Jogja dengan Murah 

Tanpa harus panjang lebar, setelah sampai di Jogja, langsung saja kita jelajah Jogja yang istimewa ini, berikut beberapa destinasi wisata murah jogja yang akan sangat sayang bila kamu lewatkan bila kamu berkunjung ke Jogja


- Hari Pertama ke Keraton Jogja dan Alun-Alun Selatan

Dihari pertama ini kita akan berlibur ke Destinasi Wisata Keraton Jogja dan Alun-alun Selatan, berikut Maps untuk menuju kesana dari Titik Awal Hotel 101-Yogyakarta


Berkendaraan dari Hotel ke Destinasi Wisata Keraton Jogja dan Lokasi Liburan Murah Jogja Alun-alun Selatan tidak terlalu jauh dengan total hanya 5,2km dari titik awal di Hotel 101-Jogja.


1. Panduan Wisata Keraton Jogja

Bukan ke Jogja namanya kalau gak berkunjung ke Keraton Jogja. Kraton adalah istana resmi kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Di sini adalah tempat tinggal sultan dan rumah tangga istana.

Di sini kamu bisa melihat peninggalan-peninggalan bersejarah raja sejak zaman raja pertama yaitu Hamengkubuwono I. Di kraton ini, kamu juga bisa melihat kereta kencana yang megah, benda pusaka, patung-patung anggota keluarga kerajaan, perangkat musik Jawa dan koleksi-koleksi menarik lainnya.

Ohiya, kalau kamu ingin langsung melihat pagelaran seni tari di Keraton, kamu bisa berkunjung setiap pukul 09.30 pagi.

Pagelaran ini digelar setiap hari di dalam keraton Jogja. Untuk music gamelan sendiri, kamu bisa datang pada hari Senin, Selasa dan Rabu dan kamu juga bisa sekalian nonton wayang golek menak.

Untuk yang suka macapat, kamu bisa datang setiap hari Jumat. Nah, kalau kamu suka wayang kulit, kamu bisa menontonnya setiap hari sabtu.

Kalau mau nonton wayang orang dan pertunjukan tari kamu bisa datang di hari minggu.

Kalau kamu ingin mendengar cerita lengkap tentang keraton Jogja, kamu bisa menggunakan jasa tour guide yang ada di dalam keraton.

Guide ini akan membantu menjelaskan satu per satu tentang sejarah keluarga keraton. Dengan hanya membayar Rp50.000 kamu bisa menggunakan jasa guide.

Atau kalau kamu gak mau pakai guide juga gapapa kalau mau sekedar melihat-lihat barang peninggalan yang sudah tertata rapi di dalam keraton.

Kamu bisa lihat seperti apa review para traveller akan keraton Jogja di tripadvisor : Review Destinasi Wisata Keraton Yogyakarta

Kalau sudah puas berkeliling dan juga kenyang ilmu dengan sejarah mengenai keraton Yogyakarta, kini waktunya kamu manjain perut dengan kuliner di sekitar Keraton.

Salah satu wisata kuliner di dekat keraton yang bisa kamu kunjungi adalah Bale Raos Kraton. Bale Raos Keraton ini didirikan atas gagasan GKR Hemas (Istri Sri Sultan HB X). Alamat Bale Raos ini berada di Jl. Magangan Kulon No.1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Bale Raos ini didirikan agar masyarakat bisa merasakan masakan-masakan yang biasa disajikan untuk keluarga kerajaan. Beberapa menu di Bale Raos adalah mangut lele dan kambing panggang.

Kedua menu tersebut adalah makanan favorit Sri Sultan HB X dan Sri Sultan HB VIII.

Kalau kamu ingin lebih merasakan suasana Jogja, kamu bisa mengunjungi Bale Raos menggunakan becak atau andong yang bisa kamu temukan di mana-mana.

Untuk penyajiannya, makanan di Bale Raos dihiasi oleh tampilan modern, tapi dijamin untuk rasa tetap mempertahankan khas nusantara.

Beberapa review mengenai Bale Raos bisa kamu lihat di tripadvisor berikut ini : Review Bale Raos

Tips saat berkunjung ke Kraton Jogja:

-Berpakaian sopan

-Menjaga perilaku

-Bertutur kata yang baik

2. Panduan Wisata Alun-alun selatan

Ketika menjelang sore, selanjutnya kamu bisa berkunjung ke Alun-alun selatan. Rasanya belum afdol kalau ke Jogja belum berkunjung ke Alun-alun selatan. Di sini kamu bisa melakukan banyak kegiatan seperti bermain sepeda hias, mencoba berjalan di antara dua pohon beringin kembar.

Nah, untuk menyewa sepeda hias ini kamu bisa menyewa dengan harga yang beragam tergantung jumlah tempat duduknya. Semakin banyak kapasitas tempat duduknya semakin mahal harganya. Harga sewa sepeda ini mulai dari Rp50.000 hingga seratus ribuan.

Tentu saja harga ini masih bisa kamu nego ya. Semakin pintar kamu nego semakin murah harga yang akan kamu dapatkan. Biasanya untuk satu kali sewa itu untuk 3 kali putaran atau lebih tergantung perjanjian di awal.

Kemudian aktivitas selanjutnya yang bisa kamu coba adalah melewati beringin kembar. Eittss beringin ini bukan sembarang beringin lho.

Jarang banget orang yang bisa lolos melewati beringin ini. Konon katanya, beringin kembar ini diperuntukkan bagi calon prajurit kerajaan. Jika lolos melewati beringin ini berarti lolos menjadi prajurit kerajaan.

Selain itu, ada versi lain yang mengatakan, beringin kembar pernah dijadikan sebagai pertahanan gaib untuk mengecoh pasukan Belanda yang ingin menyerang keraton agar mereka kehilangan arah.

Konon, banyak yang gagal dan tidak berhasil dalam melewati beringin kembar. Hingga akhirnya, anak Prabu Siliwangi dapat melewati beringin tersebut dan menjadi suami dari putri sultan.

Menurut beberapa orang juga hanya orang yang berhati baik dan tulus yang dapat melewati beringin kembar dengan mata tertutup.

Saat kamu akan mencoba melewati beringin ini, tentunya kamu harus menggunakan penutup mata terlebih dahulu.

Kemudian kamu bisa melakukan start dengan posisi berada ditengah-tengah beringin dari kejauhan. Mulailah berjalan.

Beberapa orang merasakan bahwa langkahnya sudah sangat lurus tapi tahu-tahunya sudah melenceng jauh bahkan ada yang berjalan menyamping atau terbalik. Nah, kayaknya belum afdol kalau gak kamu cobain sendiri sensasinya.

Untuk mencoba aktivitas ini gak perlu biaya mahal karena gratis. Hanya saja kalau kamu gak bawa penutup mata, kamu bisa menyewanya dengan harga yang sangat murah yaitu dengan membayar Rp3.000 aja.

Di lokasi ini banyak sekali jajanan atau makanan kuliner yang bisa kamu coba. Mulai dari angkringan, wedang jahe, hingga cemilan-cemilan ringan yang bisa kamu beli.

Hanya saja, di sini banyak sekali pengamen yang berlalu lalang yang akan nyamperin kamu kalau saat kamu berada di tempat makan. Jangan lupa sediakan uang receh ya untuk memberikannya kepada pengamen tersebut.

Kalau kamu pengen menghindari pengamen, kamu bisa kuliner di Bebek Goreng H. Slamet Jokteng Wetan beralamat di Jl. Kolonel Sugiono No.26, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153, Indonesia.

Bebek H slamet memang sudah terkenal dengan kegurihan dan kelezatan masakan bebeknya. Kamu bisa mencoba bebek ini mulai Rp30.000 hingga Rp60.000.

Kamu Bisa lihat apa kata Mereka yang sudah mengunjungi Bebek Goreng H.Slamet Tripadvisor disini : Review Bebek Goreng H.Slamet

Dan Lihat apa kata para traveller lainnya akan Alun-alun Selatan disini : Review Lokasi Liburan Murah Alun-alun Selatan

Tips saat berkunjung ke Alun-alun Selatan:

-Jangan lupa untuk menjaga barang bawaan karena tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh warga maupun wisatawan.

-Hati-hati saat beraktivitas

-Menjaga sopan santun

Di hari pertama ini setelah mengunjungi Keraton Jogja dan Alun-alun selatan sepertinya sudah cukup melelahkan, kamu bisa kembali ke Hotel dan beristirahat karena di hari kedua kita akan menjelajah Destinasi Wisata Jogja lainnya.

Baca Juga Artikel ini : Spot Instagrammable Sunset di Jogja


- Hari Kedua Wisata ke Candi Borobudur

Rute di Hari kedua adalah menuju Lokasi Wisata Candi Borobudur, bila posisi Kita masih di Hotel 101-Jogja maka seperti inilah maps dan jarak yang akan kita tempuh 

Diperlukan waktu kurang lebih 1,5 Jam dari Lokasi awal menuju Destinasi Wisata Candi Borobudur dengan jarak kurang lebih 39,5 Km. 

untuk menuju kesana sepertinya akan lebih mudah bila kita menggunakan Grab Car atau Bus Trans Jogja.