Serunya Virtual Tour Bareng Teman-Teman Sekolah

Serunya Virtual Tour Bareng Teman-Teman Sekolah

Thu, 08 Oct 2020 - 08:46 AM

Seperti apa sih, serunya virtual tour bareng teman-teman sekolah? Kali ini, Panduasia menyajikan berbagai informasi menarik seputar virtual tour yang pas banget untuk diadakan bersama teman sekolah.

Kondisi pandemi Covid-19 memang telah merubah banyak hal yang efeknya dirasakan oleh banyak orang. Siswa sekolah menjadi salah satu pihak yang juga sangat merasakan dampak dari Covid-19. Dimana di Indonesia, semenjak bulan Maret 2020 lalu, usaha pengurangan kontak sosial dilakukan untuk memutus rantai virus Covid-19.

Sekolah terpaksa dirumahkan, banyak pekerja kantoran pun harus bekerja dari rumah masing-masing. Bagi siswa sekolah, mungkin awalnya senang karena bisa merasakan suasana seperti liburan, hanya di rumah saja tanpa bangun pagi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, para siswa mulai merasakan kerinduan untuk bersekolah.

Para siswa menantikan saat bisa kembali bersosialisasi dengan teman, mengikuti karyawisata, mengikuti pelajaran tanpa menggunakan aplikasi melainkan bertatap muka. Walau demikian, keadaan memang masih tidak memungkinkan dan memaksa semua orang untuk bisa beradaptasi. Salah satu cara untuk dapat tetap menjaga keselamatan dan kesehatan namun bisa melepas rindu ini adalah melalui virtual tour bareng teman sekolah.

Seseru apa bepergian dengan teman sekolah secara online ini? Negara atau kota apa saja yang bisa jadi destinasi menarik? Bagaimana tenaga pendidik bisa meningkatkan keseruan virtual tour ini? 

Keseruan Virtual Tour Bareng Teman Sekolah

Virtual tour, jika dibayangkan saja mungkin bingung yah, seperti apa kira-kira rasanya? Seperti apa keseruan berjalan-jalan secara virtual bareng teman sekolah? Tapi sebenarnya, virtual tour dengan teman sekolah ini sangat menyenangkan dan punya keseruan tersendiri, lho. Keseruan yang mungkin tak bisa ditemui di karyawisata biasa yang diadakan oleh sekolah secara offline. Simak yuk, keseruan virtual tour bareng teman sekolah yang sayang sekali bila dilewatkan :

1. Tak terlalu penat, tapi menyenangkan

‘Wah sayang sekali yah, tahun ini giliran kita karyawisata, tapi bahkan ke sekolah saja kita tidak bisa.’

Tak jarang nih, kalimat seperti tertera di atas itu terlontarkan dari anak-anak sekolah yang kini harus rela belajar di rumah. Suasana kelas di sekolah yang enak dibuat belajar dan ramai dengan teman sebaya tidak lagi bisa dirasakan. Berbagai aktivitas menyenangkan seperti pentas seni, pertandingan, apalagi karyawisata pun terpaksa ditiadakan pada masa pandemi Covid-19.

Walau menyayangkan hal ini, para siswa kini punya harapan baru yang tak kalah menyenangkannya dari karyawisata offline. Iya, hal itu tak lain dan tak bukan adalah virtual tour.

Virtual tour ini punya keseruan tersendiri yang mungkin tak bisa dirasakan saat karyawisata secara fisik, lho. Para siswa bisa ‘jalan-jalan’ dan bersenang-senang tanpa harus dilanda penat dan letih. Jika biasanya waktu perjalanan saja sudah memakan waktu berjam-jam yang melelahkan, kini para siswa sekolah tak perlu capek-capek lagi. Menarik, bukan?

2. Bisa pergi kemanapun tanpa ribet

Para siswa sekolah yang sempat mengalami masa belajar di rumah akibat pandemi Covid-19 patut berbangga. Kenapa bisa berbangga? Mereka bisa mengatakan ‘Dulu aku karyawisata di Itali dengan teman sekolah, lho’. Yang tentunya, hal ini tidak pernah dirasakan oleh siswa yang menjalani kegiatan belajar mengajar dalam kondisi normal.

Karyawisata kini tidak lagi dibatasi hanya di kota X atau di taman bermain Y saja. Para siswa sekolah dapat menikmati berwisata di tempat yang paling jauh sekalipun tanpa ribet.

Ilmu dan pengalaman bisa diserap, bahkan tanpa harus membahayakan diri dengan berkumpul atau kontak fisik dengan orang banyak. Ingin berwisata ke luar negeri? Ingin berkunjung dan mengenal lebih tentang Negeri Gingseng Korea Selatan? Hal tersebut dapat diwujudkan melalui Seoul Virtual City Tour. Penasaran dengan budaya, makanan, dan tempat menarik di Jepang? Ada Jepang Virtual Tour yang dapat mengabulkan hal tersebut. Wah, berbagai destinasi tidaklah sulit untuk dieksplor dengan virtual tour. Ternyata, belajar di rumah juga punya keasikan tersendiri, yah.

3. Melepas rindu dengan teman sekolah

Jika ditanya pada para siswa, maka nyaris semua akan menjawab bahwa hal yang paling mereka rindukan dari sekolah salah satunya adalah teman. Mereka bisa berinteraksi, bersosialisasi dan berdiskusi dengan banyak teman ketika sekolah berjalan normal. Jam istirahat pun tidak sepi dengan kehadiran teman di kanan kiri yang membuat waktu istirahat seakan terlalu singkat untuk dihabiskan dengan teman.

Putusnya hubungan fisik dengan teman sekolah yang disebabkan belajar di rumah ini jelas tidak nyaman. Rindu, pasti sangatlah rindu dengan teman juga bapak dan ibu guru yang biasanya selalu ditemui tiap harinya. Akan tetapi, virtual tour ini bisa jadi jalan keluar untuk melepas rindu dengan teman sekolah.

Keseruan jalan-jalan virtual ini bisa dirasakan bersama-sama, menjadi kenangan tak terlupakan bersama. Khawatir tak ada dokumentasi yang bisa mengabadikan momen bersama ini? Sekarang, walau jarak jauh pun foto dan video dapat dibuat dengan mudah, sederhana, dan cepat, kok. Tinggal pasang senyum lebar dan gunakan pencahayaan yang oke saja, maka foto bersama saat berjalan-jalan ini bisa didapatkan. Justru, kenangan melepas rindu secara virtual ini bisa menjadi momen langka yang mungkin tak semua siswa bisa merasakan.


Tempat yang Asik Dikunjungi Secara Virtual

Dalam berwisata, tentunya destinasi menjadi hal penting yang akan mempengaruhi banyak hal dalam jalannya karyawisata. Tempat akan mempengaruhi kunjungan apa saja yang dilakukan, juga suasana seperti apa yang akan di dapat dan dirasakan oleh para siswa yang menjadi peserta dari tour.

Jika biasanya karyawisata offline dilakukan di berbagai tempat menarik yang paling dekat dari sekolah, kini ada cara yang berbeda untuk mencari tempat yang asik dikunungi secara virtual, lho. Ingin tahu, tempat apa saja yang menarik untuk diajdikan virtual tour bagi siswa sekolah? Sebenarnya ada sangat banyak tempat menarik yang boleh dicoba, namun berikut adalah beberapa diantaranya yang dapat PanduAsia ringkaskan :

1. Virtual Tour Kota Perancis

Perancis merupakan salah satu negara yang termasuk dari bagian benua Eropa. Paris merupakan salah satu kota yang paling terkenal bagi kalangan wisatawan. Kota yang dikenal dengan roti, pastry, dan fashionnya ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi, bahkan secara virtual. Ciri khasnya sendiri yaitu Menara Eiffel yang memang memukau dan punya pemandangan indah.

Bagi siswa yang berkunjung secara virtual ke Paris, bukan hanya pemandangan indah saja yang tersuguh, melainkan juga informasi menarik. Terdapat museum yang cukup terkenal dan khas di Paris yaitu Louvre Museum. Juga ada museum milik keluarga Marie Curie yang adalah seorang penemu di bidang Fisika yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi siswa sekolah.

2. Virtual Tour Bali

Wisata dalam negeri juga tak kalah menarik untuk dikunjungi virtual dibanding dengan London virtual city tour, kok. Berkunjung ke Bali bisa memperkenalkan siswa dengan wisata dalam negeri yang populer dan punya banyak budaya. Siswa bisa dikenalkan dengan berbagai kebudayaan khas di Bali, seperti tarian yang umum diajarkan pada siswa di Bali.

Berbagai tujuan wisata seperti pantai, air terjun juga dapat ditampilkan. Di Bali, juga cukup terkenal dengan seni kerajinan tangan dan pahatannya, lho. Untuk pembelajaran seni, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi virtual tour bagi para siswa sekolah, deh. Siswa juga dapat menikmati pemandangan indah dari tiap wisata alam yang ada walau secara online, kok.

3. Virtual Tour Italy

Negara yang dikenal dengan pizza dan pastanya yang mendunia ini juga bisa banget dijadikan tujuan destinasi virtual tour. Para siswa bisa belajar mengenai seni arsitektur yang memang cukup menarik di Italy ini. Salah satunya adalah Menara Pisa yang diakui juga sebagai keajaiban di dunia. Tentu, banyak juga museum seni yang menyimpan banyak kreasi dan tradisi khas Italy.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya seniman asal Italy yang terkenal dan membangun fondasi di bidang seni sejak dulu. Tempat bersejarah, tempat dengan arsitektur memukau dan tempat yang kaya akan seni tidak akan habis-habis ditemui di Negara Italy ini. Belajar sedikit soal kuliner di Italy juga tak kalah menarik untuk dilakukan, lho.

4. Virtual Tour Korea

Negara Korea Selatan memiliki popularitas yang cukup tinggi di Indonesia, bahkan sampai ke kalangan siswa yang masih duduk di bangku sekolah. Hal ini dikarenakan oleh gelombang K-POP dan K-Drama yang memang cukup deras. Berangkat dari ketertarikan ini, para siswa dapat diajak untuk mengenal Negeri Gingseng ini dengan lebih dekat melalui virtual tour.

Para siswa bisa mengenali budaya khas Korea Selatan seperti makanan, pakaian tradisional, rumah tradisional, maupun alat musik kuno yang ada. Selain itu, juga terdapat tempat-tempat yang punya pemandangan indah dan memikat, seperti Busan dan Jeju. Untuk membuat tour makin oke, bisa juga memberikan sedikit informasi tentang bahasa Korea yang mungkin sudah ada beberapa kata yang dikenal di Indonesia.

 

Tips Agar Virtual Tour Makin Asik

Virtual tour untuk edukasi sekolah memang merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan. Akan tetapi, bagaimana yah, agar virtual tour yang diadakan ini makin asik lagi dan juga makin informatif bagi tiap siswa yang menjadi pesertanya? Virtual tour yang merupakan kesempatan dan peluang langka ini alangkah baiknya bila dimanfaatkan dan dimaksimalkan, bukan? Ingin mengadakan virtual tour untuk edukasi sekaligus rekreasi sekolah? Ini nih, beberapa tips sederhana agar virtual tour makin asik :

1. Adakan kuis berhadiah di Virtual Tour

Mendengar kata ‘hadiah’, anak mana sih yang tidak tertarik? Jangankan anak sekolah, orang dewasa saja juga bisa tertarik dengan kata ‘berhadiah’, bukan? Virtual tour dapat ditingkatkan lagi dengan mengadakan kuis berhadiah yang disiapkan oleh pihak sekolah, nih. Dengan adanya kuis ini, tingkat partisipasi dari siswa juga makin besar, lho.

Siswa tak hanya mendengarkan, melihat, dan menikmati tour secara pasif saja. Mereka juga tak merasa seakan-akan mengikuti tour sendiri-sendiri, mengingat kuis diikuti oleh setiap siswa yang ada. Contoh, ketika mengadakan virtual tour Mesjid Jakarta, bisa diadakan kuis tentang Masjid apa saja yang sudah dibahas dan dikunjungi.

Kuis ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan pemahaman dan ingatan para siswa akan materi dan destinasi yang ada. Sekarang ini, sudah banyak juga template yang memfasilitasi pembuatan kuis online dengan penampilan menarik, bukan? Untuk hadiah sendiri, bisa kok, dikirimkan berupa saldo bagi pemenang yang memang memperhatikan dan beruntung. Partisipasi aktif ini bisa meningkatkan keseruan yang dirasakan para siswa saat mengikuti virtual tour bersama teman sekolahan.

2. Tampilkan fakta yang menarik

Untuk membuat acara yang menyenangkan bagi anak usia sekolah, hanya edukasi dan informasi pelajaran saja tidak cukup, lho. Bukan hanya edukasi dan pengetahuan yang bisa membuat para siswa tertarik dalam mengikuti sebuah kegiatan. Fakta menarik sangat bisa dijadikan nilai tambahan untuk memancing minat para siswa lebih lagi, lho. Fakta seperti apa, sih? Fakta-fakta yang mungkin tak mereka temukan di buku, namun cukup dikenal di negara tersebut.

Misalnya, kebiasaan unik orang Perancis bisa banget digali lebih dalam ketika mengikuti Paris virtual city tour. Cerita dan legenda di tempat tersebut juga bisa nih, disampaikan dengan cara yang unik namun menarik. Dijamin, cerita dan fakta menarik yang disampaikan ini tak akan mudah dilupakan oleh para siswa. Jika tertarik mengadakan virtual tour gereja dan bible, bisa juga membahas kisah dongeng bible yang menarik untuk disampaikan.

3. Adakan interaksi dengan peserta Virtual Tour

Jika tadi kuis hanya dilaksanakan dengan Quizziz, Kahoot, atau berbagai aplikasi kuis online lain, interaksi juga sangat bisa dilakukan untuk menambah keseruan dari virtual tour, lho. Adakan interaksi yang membuat siswa kemudian membuka mic dan saling berkomunikasi. Hal ini bisa menghindarkan kantuk atau kebosanan bagi para siswa.

Di akhir juga menarik bila pihak pendidik bisa memberikan kesempatan bagi beberapa siswa untuk berbagi, misalnya tentang pembelajaran apa yang siswa dapat dalam San Francisco virtual city tour. Bisa juga, meminta para siswa menanyakan apa yang ingin mereka ketahui lagi setelah mengikuti Amsterdam virtual city tour.

Interaksi bukan hanya bisa terjadi antara para peserta dalam kegiatan virtual tour sekolah, kok. Interaksi bisa dilakukan melalui fitur Zoom breakout room antara para siswa. Para siswa peserta bisa dibagi ke dalam kelompok kecil untuk kemudian mendiskusikan sesuatu atau bermain dalam kelompok tersebut. Kegiatan ini bisa diadakan sebelum atau setelah virtual tour berlangsung, kok.

Tanpa mengganggu sesi berwisata, kegiatan ini justru menambah pengalaman dan kepuasan peserta tour. Alangkah baiknya bila permainan yang diberikan terkait dengan destinasinya juga, yah. Misalnya, memainkan permainan khas dari daerah tersebut yang bisa dipraktekkan secara online.

Virtual tour bisa jadi kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan khususnya saat diadakan bersama teman sekolah. Dengan merencanakan virtual tour secara matang dan kreatif, maka virtual tour ini bisa jadi makin menyenangkan saja, lho. Di satu sisi, edukasi didapatkan, namun di sisi lain, hiburan juga tak terlewatkan. Menarik bukan?

Anda tertarik untuk mengikuti paket virtual tour yang menarik untuk diikuti para murid? Tak sabar ingin melihat senyuman lebar di wajah para murid yang akhirnya bisa berwisata dengan teman sekolah? Anda sedang mengambil langkah yang tepat. Segera adakan karyawisata virtual tour yang jadi kenangan tak terlupakan bagi para murid bersama dengan Panduasia.com. Kami siap melayani Anda dalam mempersiapkan dan mewujudkan virtual tour edukasi sekolah yang mengasyikkan.

Kunjungi Link Khusus Virtual Tour kami disini :  Virtual Tour Panduasia

 


Tag Terkait :


by Abu

Share :