Tips Tour Guide : Mensiasati Peserta Rombongan yang Sering Telat dalam Paket Wisata

Tips Tour Guide : Mensiasati Peserta Rombongan yang Sering Telat dalam Paket Wisata

Sun, 29 Dec 2019 - 01:13 AM

Halo Sobat Tour Guide, sering membawa rombongan dan menemui peserta yang selalu tidak pernah ontime sesuai jadwal yang ditentukan ? baik di awal, tengah maupun akhir acara tour ?

Memiliki Paket Wisata Murah di Kota-Kota besar Indonesia namun selalu mendapatkan peserta tour yang sering datang telat ?

Jika pernah, percayalah, Anda tidak sendirian. Ada banyak para Tour Guide di dunia ini yang kadang harus menahan diri dan mengorbankan waktunya untuk menunggu peserta-peserta tour yang suka datang terlambat dengan berbagai alasan.

Apa saja yang dikorbankan selain Emosi yang habis untuk menahan diri akan sikap peserta tour yang suka terlambat ini ? Banyak, beberapa diantaranya akhirnya berujung dari terlambatnya jadwal dan berkurangnya nilai dari peserta-peserta lainnya yang datang ontime, hingga akhirnya mengurangi nilai kepuasan akan pelayanan Tour Guide sendiri.

Bagaimana cara agar hal ini tidak terjadi pada diri Sobat Tour Guide semua ? berikut beberapa tips yang dapat membantu sobat tour guide dalam mengatasi para peserta yang suka dan senang datang terlambat

1.Tetap Ontime dan berikan petunjuk disetiap pemberhentian (Titik temu acara) lokasi.


Percayalah, ini bukan salah Anda bila orang tersebut terlambat datang di acara paket wisata yang telah anda jalankan. Membuka Acara yang terlambat dikarenakan menunggu peserta tour yang telat justru akan mengurangi nilai service Anda secara keseluruhan dimata para peserta lainnya.

Saran dari Panduasia.com, bukalah acara tetap secara Ontime dan gunakan Applikasi yang dapat diketahui lokasi Anda dan peserta lainnya oleh orang yang terlambat tersebut. Beberapa Applikasi seperti sharing lokasi di Whatsapp atau Sharing Lokasi di Google Maps akan sangat membantu mengatasi hal ini.

Share Lokasi Anda ke peserta yang terlambat tersebut Agar dia dapat mengetahui secara persis dimana Lokasi terupdate diri Anda selaku Tour Guide dan para peserta Tour lainnya berada secara Realtime.

Ketika peserta yang terlambat tersebut datang ke Acara Tour / Paket Wisata Anda, tetap tersenyum dan sapa dia dengan baik tanpa harus menunjukkan wajah Jengkel Anda kepadanya.

2.Kirimkan Detail waktu Acara ke semua peserta sebelum acara dimulai dan jelaskan Resikonya bila terlambat.

Kalau Telat kita Akan ketinggalan Kereta dan harus membeli Karcis lainnya untuk jadwal keberangkatan yang berbeda / Kita akan ketinggalan pesawat / Kapal Lautnya hanya datang sekali dalam sehari

Itu adalah beberapa contoh informasi yang bisa kita tekankan ke semua peserta paket wisata Anda ketika mengirimkan informasi didalam itinerary.

Cara seperti ini biasanya dapat membuat para peserta akan mikir dua kali dan berusaha untuk datang lebih awal didalam acara paket wisata yang kita jalankan.

Baca Juga Artikel Menarik Tips Tour Guide ini : Hindari Hal-Hal Berikut Sebagai Tour Guide

3.Berikan Informasi Setiap Titik Acara

Memberikan informasi ini adalah hal mutlak bila mengadakan paket tour / wisata yang sifatnya Reguler Tour / Walktour / Foodtour ke beberapa tempat.

Dengan adanya informasi ini diharapkan mereka yang terlambat hadir di meeting point (titik pertemuan pertama) dapat menemui Sobat Tour Guide beserta rombongan peserta tour di titik pertemuan selanjutnya.

Baca Artikel ini, jangan sampai terlewatkan : Panduan Menjadi Tour Leader

4. Tanggapi Hasil Review Peserta yang Terlambat ini dengan Baik


Bagi Sobat Tour Guide yang membuat paket wisatanya secara online di Platform Tour Guide seperti panduasia.com, tentu saja akan mendapatkan nilai review dari setiap peserta yang ikut didalam paket wisata yang sobat buat (cari tahu cara membuat paket wisata khusus tour guide disini : Register Mitra Tour Guide).

Apapun hasil review dari peserta yang datang terlambat tersebut, tanggapi dengan hati yang terbuka, ucapan maaf atas ketidaknyamananya, ucapan terima kasih atas kehadirannya, dan jelaskan mengapa Sobat Tour Guide harus menjalankan semua program Tour / Paket Wisata secara Ontime kepadanya.

Setelah memberikan tanggapan, tetap dengan tangan terbuka, senyuman lebar, dan sikap optimis tanpa harus ada yang disesali menyambut hari esok dengan lebih baik lagi tanpa harus memikirkan bagaimana hasil review para peserta yang datang terlambat tersebut (Belajar untuk no hurt feelings bila hasil reviewnya tidak memuaskan)

Bagaimana Sobat Wisata ? tertarik dengan isi Tips Tour Guide ini ? bila ada yang menurut sobat Tour Guide ada yang kurang, silahkan tambahkan di Kolom Komentar yah

Bagi sobat yang berprofesi sebagai Tour Guide, Sobat juga bisa loh mendaftar dan membuat paket wisata sobat sendiri di Platform Tour Guide panduasia.com, Silahkan klik Link berikut ini ya Sobat Tour Guide : https://panduasia.com/member/login



Tag Terkait :

Tips


by Abu

Share :